Rutan Batam Latih Warga Binaan Keterampilan Pertanian
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 23-11-2023 | 12:00 WIB
Napi-bertani.jpg
Pembukaan lahan untuk pertanian di Komplek Rutan Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rutan Batam memberikan pelatihan teknik pertanian kepada warga binaan, sebagai bagian dari program bimbingan kepribadian dan asimilasi kerja sosial.

Teknik pertanian itu diajarkan mulai dari menggarap lahan hingga perawatan tanaman pascapanen.

Pelatihan itu dilakukan di lahan perkebunan milik Rutan Batam. Hal ini bertujuan untuk memberikan warga binaan pemahaman mendalam tentang proses pertanian, mulai dari persiapan tanah hingga pemeliharaan tanaman.

Warga binaan juga dilibatkan dalam berbagai tahap kegiatan pengolahan lahan kebun, teknik penanaman, pemupukan, pengendalian hama, dan perawatan tanaman secara umum.

Kepala Rutan Batam, Faizal Gerhani Putra, menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini. Menurutnya, program ini tidak hanya memberikan keahlian praktis kepada warga binaan, tetapi juga memberikan dampak positif pada aspek kepribadian dan kemandirian mereka.

"Kegiatan ini dapat menjadi modal bagi warga binaan untuk mengembangkan keterampilan dan kemandirian mereka di dunia luar khususnya perkebunan dan pertanian," kata Faizal, Kamis (23/11/2023).

Dengan kolaborasi yang baik antara kelompok tani dan Rutan Batam, diharapkan program ini dapat menjadi contoh positif bagi upaya pemberdayaan masyarakat di lingkungan pemasyarakatan.

Editor: Gokli