Tim MBKM UNIBA Raih Juara di Pesta Wirausaha Merdeka Polibatam Angkatan 2 Tahun 2023
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 22-11-2023 | 18:32 WIB
Uniba-Juara1.jpg
Tim MBKM UNIBA berhasik meraih juara di Pesta Wirausaha Merdeka Polibatam tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kampus UNIBA raih juara di pesta wirausaha merdeka Poli Batam angkatan 2 tahun 2023, digelar di Panbil Eco Edu Park Batam, Rabu 22 November 2023.

Dengan Tema 'Demoday & Pesta Wirausaha Merdeka Polibatam tahun 2023' seluruh peserta yang mengkuti kegiatan wirausaha dari berbagai kampus di Kota Batam.

Sebanyak 65 kelompok unit usaha sudah menawarkan dan menyajikan berbagai bentuk unit usaha yang diperlombakan dengan level begineer dan advaced dengan 5 katagori yaitu agrebisnis, jasa, manufacturing dan kreatif serta dagang.

Dari beberapa katagori, tim Universitas Batam mengirimkan 2 kelompok yang terdiri dari 20 peserta dengan level advace untuk katagori dagang dan agrebisnis yang didampingi oleh 2 orang dosen pembimbing antara lain Dr Fadlan dan Ka.prodi S1 Ilmu Hukum Cristiani Prasetiasari.

Untuk Katagori Agrebisnis level Advace tim yang diketuai oleh Sakinah dengan DPL Dr Fadlan, memperoleh juara 1 dan untuk katagori Dagang level advace yang diketuai oleh Rina Siagian memperoleh juara 2.

Abdullah Aman salah seorang anggota tim menyampaikan, peroleh juara yang sudah didapat ini tidak lepas dari dukungan dan arahan Bapak/Ibu dosen pembimbing, banyak pengalaman yang didapat selama mengikuti program kewirausahaan ini.

"Penilaian yang dilakukan oleh evaluator begitu ketat dengan memperhatikan beberapa item yang ditampilkan oleh setiap peserta kompetisi wirausaha, belum lagi tampilan pelaporan secara digitalisasi menjadi instrumen penting dan menjadi salah satu aspek yang sangat di pertimbangkan," ujar Abdullah Aman

Sementara, Rina Wati Siagian, menyebutkan juara ini dedikasikan untuk seluruh Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Batam. Pihaknya berharap adik-adik tingkat di Universitas kedepannya dapat termotivasi untuk ikut dalam program yang sama berikutnya.

"Ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bergabung dalam WMK tahun 2023 angkatan 2 yang sudah berkerja hampir 4 bulannya, dan tak lupa terima kasih secara khusus kepada Bapak/Ibu DPL yang sudah membimbing dan memberikan arahan dari awal kegiatan hingga akhir," kata Rina.

Disaat yang sama, Dr Fadlan selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan, program MBKM ini sangat bagus untuk dijalankan.

"Harapan saya ini terus berjalan yang tujuannya tidak lain untuk menjawab tantangan Perguruan Tinggi agar menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat," ucap Dr Fadlan.

Kemudian, Ka. Prodi S1 Ilmu Hukum Cristiani Prasetiasari, mengucapkan terima kepada seluruh peserta yang telah bejuang dan bekerja dengan baik dan penuh semangat. "Ini merupakan pencapaian yang sebelumnya tidak pernah kami pikirkan, dan alhamdulilah kita bisa menang di dua katagori," pungkas Cristiani.

Diketahui, Program Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

Dalam penerapannya, lewat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk 1 (satu) semester (setara dengan 20 SKS) menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama, dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tingginya.

Editor: Yudha