Apprenticeship Cladtek Academy

Amsakar Achmad Apresiasi Badan Usaha Gelar Program Pelatihan Bagi Anak Muda Lokal
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 02-11-2023 | 17:24 WIB
Amsakar5.jpg
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad membuka secara resmi program Apprenticeship yang ditaja Cladtek Academy. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad membuka secara resmi program Apprenticeship gelombang kedua yang ditaja Cladtek Academy (PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing), Kamis (2/11/2023).

Kali ini, program pelatihan yang mengikutsertakan anak muda tempatan (lokal) tersebut diikuti oleh sembilan peserta. Sebelumnya, pada gelombang pertama diikuti 17 orang.

"Saya sungguh mengapresiasi Cladtek atas inisiasi program yang memberdayakan ini," kata Amsakar Achmad di Board Room Meeting Lantai 2, PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing, Batuampar, Batam.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batam ini menyebutkan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni merupakan instrumen yang penting dalam upaya terus memajukan daerah, terlbih dari segi industri, sehingga persaingan dikancah nasional dan internasional, Batam bisa diperhitungkan.

Disisi lain, peran pemerintah dan kolektif stekholder terkait juga sangat diperlukan, terlbih dalam kemajuan dunia usaha

"Manifestasi bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap hal tersebut dalam hal ini SDM, antara lain, yaa seperti ini (apprenticeship)," imbuhnya.

Ia berharap program ini berkelanjutan. Sembari program serupa juga diikuti oleh badan usaha lain. Sehingga muaranya, membawa andil dalam upaya bersama menyiapkan tenaga-tenaga yang berkompeten.

"Kegiatan ini harus berkesinambungan dari waktu-waktu, sehingga semakin banyak adik-adik kita yang mendapat kesempatan untuk menjadi tenaga kerja terampil," ucapnya.

Harapan ini juga senada dengan yang disampaikan perwakilan Karang Taruna LPM yang hadir. Gayung bersambut, pihak perusahaan juga memiliki komitmen yang sama untuk terus mengembangkan program tersebut.

Di saat yang sama, SVP People and Culture Cladtek Group Iban S Safwan mengungkapkan, dalam satu kesempatan, dirinya bersama sejumlah rekannya berdiskusi langsung dengan Amsakar.

Salah satu poin diskusi tersebut yakni, selain pentingnya infrastruktur maupun investasi, hal yang tak boleh luput di Batam yakni kesempatan berkembang bagi calon tenaga kerja tempatan.

"Dalam diskusi itu, kita melihat beberapa kesempatan. Salah satu kesempatan yang bisa kita realisasikan dalam waktu dekat adalah program hari ini, pelatihan bagi angkatan muda kerja kita khususnya dari warga Batumerah, Kecamatan Batuampar ini," kata Iban sapaan akrabnya.

Menurutnya, melalui program ini, pihaknya sejatinya ikut serta dalam mewujudkan pesan konstitusi, yakni mencerdaskan anak bangsa dan ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Tentu cara yang baik memberikan pelatihan, sehingga mereka lebih mudah terserap di dunia kerja," pungkasnya.

Editor: Yudha