Permudah Pengaduan Masyarakat, Satpol PP Batam Resmi Luncurkan Aplikasi Siap Garda
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 31-10-2023 | 17:24 WIB
Satpol-PP-Batam1.jpg
Satpol-PP Kota Batam resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Pelaporan Pidana Ringan Pelanggaran Perda (SIAP GARDA), Selasa (31/10/2023). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam mewujudkan penanganan pengaduan diera digitalisasi, Satpol-PP Kota Batam resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Pelaporan Pidana Ringan Pelanggaran Perda (SIAP GARDA), di Kantor Walikota Batam, Batamcentre, Selasa (31/10/2023).

"Aplikasi ini sebagai jawaban dalam mewujudkan penanganan pengaduan masyarakat yang lebih baik di era digitalisasi. Dimana masyarakat kebanyakan enggan untuk melapor atau mungkin bahkan kebingungan," jelas Kepala Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari.

Dijelaskan Imam, Satpol PP Batam, membuatkan proyek perubahan terobosan agar untuk memudahkan terjangkau dan cepat berupa aplikasi SIAP GARDA. Karena, saat ini permasalahan dalam penanganan perkara tindak pidana ringan di Kota Batam perlu dilakukannya perubahan paradigma.

"Perlu tindak pidana ringan melalui koordinasi lintas instansi pihak terkait secara terpadu dan penanganan perkara tindak pidana ringan yang berbiaya murah dan singkat," bebernya.

Imam menyebutkan, dari keseluruhan jumlah Perda sebanyak 39 Perda di Pemko Batam, yang memuat sanksi ada 11 Perda yang ditangani Satpol PP Batam dalam penyelenggaraan pidana ringan (Tipiring). Selama tahun 2022 lalu, sebanyak 143 laporan penyampaian pengaduan masyarakat atas pelanggaran Trantibumlinmas yang ditangani sudah sebanyak 135 kasus.

"Pelaporan cepat ringan di Batam sampai saat ini yang wajib dilaporkan oleh masyarakat adalah pelanggaran Perda Kota Batam itu wajib dilaporkan melalui aplikasi ini. Pertama tentang sampah yang dibuang sembarangan, lalu pedagang kaki lima (PKL) atau parkir sembarangan," terang mantan Lurah Sei Jodoh itu.

Ia menambahkan, aplikasi terintegrasi sangat mudah digunakan dan masyarakat pengguna tidak dipungut biaya/gratis saat mengunduh aplikasi ini menggunakan handphone berbasis android. Tujuan proyek perubahan ini merupakan upaya menjawab permasalahan dan tujuan inovasi perubahan dilakukan dengan menggunakan sistem & dimensi manajemen komplain yang lebih mendalam.

"Aplikasi SIAP GARDA, caranya itu mudah sekali buka play store. Langsung nanti ada petunjuk dari di sini mudah sekali. Tinggal mengisi data-data yang diminta. Terus apa dilaporkan. Setelah kami terima, kami langsung menindaklanjuti laporan tersebut, " jelas Iman.

Sementara, Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina memberikan apresiasi dengan peluncuran aplikasi SIAP GARDA ini. Satpol PP sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban umum di Batam.

Dijelaskan Marlin, aplikasi ini memberikan pelayanan pengaduan masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk melapor. Selain itu, semua pihak untuk meningkatkan koordinasi dan pelaporan masalah trantibumlinmas dari tingkat kelurahan.

"Saya berharap dengan adanya aplikasi ini, bisa mempermudah masyarakat yang masih ragu kemana untuk melapor, jika ada pelanggaran. Kini sudah ada SIAP GARDA. Jadi manfaatkan aplikasi ini," pesan Marlin.

Editor: Yudha