Agus Purwanto Ungkap Gibran Sebagai Solusi Jalan Tengah bagi Bangsa
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 29-10-2023 | 08:04 WIB
Agus-BTD.jpg
Sekretaris Partai Gelora Kepri, Agus Purwanto yang kerap disapa Agus Cuprit. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tanggal 28 Oktober 2023, hari bersejarah bagi seluruh anak muda generasi milenial Indonesia. Karena pada tanggal 28, 95 tahun lalu, sejarah mencatat para pemuda Indonesia mengukir sejarah dengan sumpah pemuda.

Bagaimana spirit generasi muda itu diimplementasikan di era digital ini? Berikut penuturan Sekretaris Partai Gelora Kepri, Agus Purwanto yang kerap disapa Agus Cuprit dengan BATAMTODAY.COM di Batam, Sabtu (28/10/2023).

Selalu siap mengambil resiko, terdepan dalam perlawanan, bersedia menghadapi cela dan caci dalam perjuangan peradaban adalah tabiat sesungguhnya para pemuda. "Ciri dan tabiat itulah yang hari ini kita temukan pada sosok seorang pemuda bernama Gibran Rakabuming Raka," ungkap Agus Purwanto.

Dilanjutkan Agus, satu sisi tak bisa mengelak dalam situasi sistem politik yang saling kunci-mengunci poros koalisi, kepentingan-kepentingan taktis dan strategis bangsa, membuat mau tidak mau, Gibran menjadi aktor penting, pengubah permainan, sekaligus jalan tengah dari semua peristiwa negara.

Sisi lainnya, ada beban sejarah yang harus dipikul. Saat ini adalah tangga peralihan zaman dari politisi senior kepada junior. Momen menuju 100 tahun sumpah pemuda, bonus demografi, 56 persen pemilih muda di Indonesia saat ini di bawah usia 40 tahun. Dan banyak tantangan serta kesempatan bagi anak muda yang terpampang luas lainnya.

"Maka demi bangsa dan negara, dengan segala polemiknya, inilah saat yang tepat bagi para pemuda di Indonesia untuk turut mengambil peran demi kemajuan bangsa di masa depan," tegas Agus Cuprit lagi.

Kita juga harus mengapresiasi anak muda yang terpilih melalu proses pemilu dan tak ada norma yang dilanggar. Dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menilai orang yang pernah menjadi pejabat daerah bisa maju sebagai Capres dan Cawapres bisa menjadi nilai plus dalam dunia poltik.

Dan apa pun itu, secara resmi, saat ini kaum milenial di Indonesia memiliki wakil seorang pemuda sebagai cawapres dari golongannya sendiri.

"Hanya satu orang yang berani mengambil itu, adalah Gibran. Karena ada batasan 20 persen presidential treshold, maka momentum terkuat adalah Gibran jalan terbaik," kata Agus.

Jika aktornya adalah anak muda dan termasuk pemilihnya juga anak muda, maka saat ini anak muda di Indonesia dapat memainkan peran dalam siklus 100 tahun perjalanan bangsa Indonesia.

"Ada siklus 100 tahun. Sumpah pemuda mau 100 tahun. Momentum sekarang pas MK memiliki perluasan seperti itu. Momentum 100 tahun sumpah pemuda," ujarnya.

Jumlah pemilih muda di Indonesia hampir 60 persen. Momentumnya sangat cocok dengan Prabowo sebagai senior politik dengan Gibran anak muda.

"Yang unik adalah apakah anak muda bisa meraih suara, saya yakin. Anak muda banyak Caleg di setiap dapil. Anak muda ini memiliki potensi, tinggal strategi partai. Dan tahun 2024 adalah peluangnya anak muda, ini momentum mereka. Kalau ada yang meragukan itu adalah orang yang tak mau tampilnya generasi muda sebagai pemimpin bangsa," papar Agus Cuprit mengakhiri.

Editor: Dardani