Bersama Lantamal lV Batam, PT YAN Gelar Bakti Sosial dan Sosialisasi Pendalaman Alur Dermaga
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 19-10-2023 | 19:00 WIB
Baksos-Lantamal-YAN1.jpg
PT Yabes Anugrah Nustama (YAN) gelar kegiatan baksos dan sosislisasi pengerjaan pendalaman alur dermaga. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bersama Lantamal lV TNI-AL Batam, PT Yabes Anugrah Nustama (YAN), menggelar acara bakti sosial dan sosialisasi pengerjaan pendalaman alur dermaga dan kolam, Kamis (19/10/2023).

Acara sosialisasi yang disejalankan dengan bakti sosial pembangian sembako dari CSR PT YAN tersebut dihadiri oleh puluhan warga Tanjung Sengkuang, Lurah Tanjung Sengkuang, Camat Batu Ampar, serta instansi terkait lainya.

Danlantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, yang diwakili Letkol Laut Samuel Christian menyebutkan, proyek pendalaman laut ini sangat diperlukan, sebab setiap kedatangan kapal KRI, tidak dapat bersandar di pelabuhan Lantamal dikarenakan alur laut yang kurang dalam.

"Kalau dermaga kita sudah siap hanya saja kedalaman laut yang kurang," ujar Letkol Samuel.

Dijelaskannya, saat ini, bila kapal KRI datang ke Batam, untuk sementara dialihkan ke pelabuhan Batu Ampar. Menurutnya, bila hal itu terus berlangsung, maka akan menggagu kegiatan bongkar muat kapal yang sifatnya bisnis dan dikhawatirkan mengganggu perekonomian.

Untuk itu, pihak Lantamal, berharap kepada seluruh masyarakat Tanjung Sengkuang dan sekitarnya, dapat mendukung terlaksananya proyek pendalaman laut ini.

"Kami sudah mendengar tadi, dai para pelanggan masyarakat disini, mereka akan mendukung proyek ini," sebutnya.

Di lokasi yang sama Ketua RW 2 kelurahan Tanjung Sengkuang, Mudding Liwang, menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak Lantamal lV TNI-AL Batam dan PT YAN atas kegiatan sosialisasi yang disejalankan dengan bakti sosial ini. Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini, para masyarakat Tanjung Sengkuang khususnya merasa dihargai.

"Kami sangat berterima kasih, apalagi ini proyek pemerintah, dan dilaksanakan di wilayah Lantamal itu sendiri, tapi, dengan semangat kekeluargaan, mereka tetap menghargai masyarakat disini," ungkap Mudding Liwang.

Sementara, Lurah Tanjung Sengkuang, Muhammad Alkindi Ambiya menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Tanjung Sengkuang yang sudah meu mengikuti acara sosialisasi ini. "Selaku Lurah, kami mendukung acara ini, terlebih, masyarakat disini bersatu mendukung proyek ini," katanya.

Selaku pelaksana proyek, Direktur Utama PT YAN, Timotis Wijaya alias Wiesan, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Tanjung Sengkuang dan instansi terkait dalam terselenggaranya acara ini. "Acara ini bentuk CSR kami," kata Timotis.

Lanjut Timotis, untuk proyek pendalaman ini, nantinya ada tiga lokasi yaitu, Batam untuk pertama kalinya, kemudian Tanjungpinang dan Tanjung Uban.

Sembari menunggu, beberapa surat dari kementrian terkait, maka hal yang tak kalah pentingnya ialah sosialisasi kepada masyarakat.

"Pendalaman alur ini demi kepentingan pertahanan negara. Setelah semua surat selesai, baru kita mulai pengerjaan, paling tidak dia ini bisa sampai 5 tahun," pungkasnya.

Editor: Yudha