Selama 3 Hari, 835 Maba Uniba Jalani PKKMB 2023
Oleh : Aldy
Kamis | 12-10-2023 | 12:08 WIB
PKKMB-2023.jpg
Maba Uniba menjalani PKKMB 2023 selama 3 hari di Auditorium Graha Bintang, Kampus Uniba. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 835 mahasiswa baru (Maba) Universitas Batam (Uniba) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023, yang berlangsung selama 3 hari, 10-13 Oktober 2023), di Auditorium Graha Bintang, Kampus Uniba.

Rektor Uniba, Prof Hj Indrayani, menyampaikan PKKMB merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa baru sehingga lebih dewasa dan mandiri.

"PKKMB menjadi salah satu cara mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi," ujar Prof Indrayani, dalam sambutannya.

Lanjut Prof Indrayani, Universitas Batam saat ini telah memiliki 5 fakultas yakni, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran.

Kemudian, Uniba juga mempunyai sebanyak 21 Program Studi (Prodi) dengan rincian 15 program studi untuk Strata S1, 5 program studi untuk S2 dan 1 program studi yakni Manajemen Sumber Daya Manusia untuk S3.

"Di Kepri ini, hanya Uniba yang memiliki program studi S3 bidang Manajemen Sumber Daya Manusia untuk S3," sebutnya.

Kepada mahasiswa baru, Prof Indrayani mengatakan, nantinya pembelajaran di universitas tentu berbeda dengan pembelajaran sewaktu masih di SMA atau SMK. "Di Universitas kalian akan diperkenalkan dengan istilah SKS (Satuan Kredit Semester), ada KRS (Kartu Rencana Studi), ada KHS (Kartu Hasil Studi) dan lainnya. Istilah-istilah itu harus dipahami ketika akan memulai jenjang perkuliahan," imbuhnya.

Menurutnya, tidak semua orang lulusan SMA atau SMK di Indonesia ini bisa menempuh bangku kuliah. Hal itu dikarenakan berbagai faktor, salah satunya faktor ekonomi.

Oleh karenanya, dia berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. "Jadi, kalian semua yang ada disini adalah orang yang beruntung bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi," ucapnya.

Ia berharap, para mahasiswa ini nantinya bisa menjadi agen perubahan di masa yang akan datang. Sebagaimana tema yang diusung yakni, menjadikan mahasiswa sebagai Agent of Change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Di lokasi yang sama, Ketua Pelaksana PKKMB 2023, Muhammad Rainbow, mengatakan kegiatan ini dikhususkan kepada seluruh mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan S1 di Uniba. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan lingkungan kampus.

"Kegiatannya dimulai sejak kemarin yakni dilakukannya gladi. Hari ini pembukaannya sampai hari Jumat nanti penutupannya," sebut Rainbow, di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, tahun ini Universitas Batam mengalami peningkatan jumlah mahasiswa baru dari periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, mahasiswa Fakultas Kedokteran Uniba menjadi penyumbang terbesar meningkatnya jumlah mahasiswa di Uniba.

"Prodi paling banyak yang menyumbang mahasiswa yakni dari Fakultas Kedokteran," ujarnya.

Menurutnya, sejak Fakultas Kedokteran Uniba berubah menjadi Terakreditasi Unggul, jumlah mahasiswa yang mendaftar meningkat drastis. Setiap tahunnya, mahasiswa yang mengambil jurusan Kedokteran di Uniba, jumlahnya tidak pernah kurang dari 100 orang setiap tahun.

"Tahun lalu yang mengambil jurusan kedokteran jumlahnya sebanyak 130 orang. Sedangkan tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 153 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang baru," sebutnya.

Dijelaskannya, meningkatnya jumlah mahasiswa baru ini tidak terlepas dari gencarnya promosi yang dilakukan oleh Uniba. Ditambah lagi dengan meningkatnya status Fakultas Kedokteran Uniba dari yang sebelumnya Terakreditasi Baik Sekali menjadi Terakreditasi Unggul.

"Peubahan status menjadi Terakreditasi Unggul Fakultas Kedokteran Uniba menjadi magnet untuk menggaet para calon dokter dari Sabang sampai Merauke," ungkapnya.

"Mahasiswa kita saat ini berasal dari Aceh sampai Papua. Bahkan, ada tiga orang mahasiswa baru kita yang berasal dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua, hanya untuk mengambil kedokteran," pungkasnya.

Pembukaan PKKMB turut dihadiri Wakil Rektor I Dr Idham; Wakil Rektor III Dr Gita Indrawan; Dr Bambang Satriawan; Dekan Fakultas Hukum Dr Fadlan; Moderator Dr Ns Ana Faizah serta para tamu undangan lainnya.

Editor: Gokli