Sukses Jadi Grosir Online Terbesar di Batam, ACC Mart Botania 1 Dapat Reward Liburan ke USA
Oleh : Aldy
Jumat | 06-10-2023 | 14:12 WIB
husin-acc-mart.jpg
Husin, owner ACC Mart Ruko Botania Garden, Pasar Botania 1, Batam Center. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bisinis bahan pokok merupakan suatu bisnis yang tidak ada matinya, terlebih di daerah perkotaan yang sedang berkembang seperti Kota Batam.

Dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat setiap tahunnya, hal itu akan berbanding lurus dengan kebutuhan pokok masyarakat.

Di sisi lain, pandemi Covid-19 dua tahun silam, memaksa masyarakat untuk beralih ke dunia digital. Sebab, hampir semua lini bisnis saat ini seakan mewajibkan para pelaku usaha untuk masuk ke dunia digital.

Begitu juga dengan kebutuhan pokok, di mana selama ini (sebelum pandemi) sebagian besar pelaku usaha memakai sistem penjualan secara langsung, baik itu yang sekelas grosir maupun pedagang eceran.

ACC Mart, salah satu grosir terbesar di Ruko Botania Garden, Pasar Botania 1, Kecamatan Batam Kota, yang telah beroperasi dari belasan tahun lalu juga tidak mau ketinggalan dengan dunia digital. Melalui pelatihan yang diselenggarakan Bukalapak dan Gudang Ada, ACC Mart melalui pemiliknya yang bernama Husin, mengikuti pelatihan tersebut.

"Waktu itu saya mengikuti seminar vendor dari E-commerce Bukalapak dan Gudang Ada, di sana saya banyak dapat ilmu terkait penjualan secara online," ungkap Husin, saat ditemui di toko grosirnya, Jumat (6/10/2023).

Husin mengakui, dunia digital sangat penting untuk saat ini. Dan penjualan secara online tidaklah mudah seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Namun, dukungan dari pemerintah dan beberapa vendor, baginya itu suatu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan untuk mengembangkan bisnis yang berbasis digital.

"Kita kalau mau bertahan dan terus maju dalam bisnis, kita harus mengikuti perkembangan zaman," ungkapnya.

Lanjut Husin, perkembangan dunia digital sangat pesat. Untuk itu, diperlukan kreativitas dan ide-ide sistem penjualan dalam pengembangan bisnis, terlebih pada bisnis sembako. "Setelah digeluti, bisnis digital ini sangat menarik dan tak ada habisnya, kita selalu mau meng-update terus," katanya.

Lebih rinci, Husin memaparkan, saat ini bisnis sembako yang digelutinya melalui penjualan online, sudah merambah hampir ke seluruh kecamatan di Kota Batam. Dengan kelebihan yang dimiliki, yakni ACC Mart juga sebagai grosir offline, yang pastinya stok barang selalu mencukupi. Hal itu membuat ACC Mart selalu diminati pelanggan.

"Saat ini, yang rutin kami antar pesanan setiap hari itu di 5 kecamatan, di antaranya, Batam Kota, Lubuk Baja, Batu Ampar, Nongsa dan Bengkong," ungkapnya.

"Kalau Kecamatan Batu Aji, Sagulung, tetap kami antar, hanya saja ada waktu tunggunya. Tetapi rata-rata 1 x 24 jam sudah kami antar. Karena ada aturan di online itu, tak boleh lebih dari 2 x 24 jam untuk pengantaran," sambungnya.

Selain itu, kata Husin, untuk lebih menarik pelanggan, ACC Mart juga menyiapkan berbagai promo setiap saat. Di samping pelanggan baru, pelanggan yang sudah menjadi member juga diberikan diskon spesial dari ACC Mart.

"Untuk jadi member, masyarakat cukup memberikan nomor handphone, lalau kami registrasi. Untuk mengetahui update haraga masyarakat bisa langsung ke situs kami melalui google dengan mengetik ACC Mart, di sana tersedia semua barang berikut harganya, bisa langsung order," jelasnya.

Atas keberhasilan ACC Mart sebagai salah satu grosir online terbesar di Batam, pihaknya mendapatkan penghargaan atau reward dari vendor, yakni mendapatkan jalan-jalan gratis ke Amerika (USA), selama 12 hari pada Januari 2023 lalu. "Ini sebuah penghargaan yang luar biasa dari vendor, saya dapat dua tiket ke USA, di antara 100 tiket yang disediakan vendor untuk seluruh Indonesia, termasuk biaya saya ke Jakarta untuk pengurusan visa, semua ditanggung vendor," jelasnya.

Dengan penghargaan seperti itu, Husni menambhakan, pihaknya terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan, khususnya yang memesan barang secara digital. "Kami terus menjaga kualitas, ketepatan waktu, tentunya promo di ACC Mart selalu ada setiap hari untuk para pelanggan," pungkas Husin.

Editor: Gokli