BP Batam Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut
Oleh : Redaksi/Alex RS
Selasa | 23-07-2024 | 09:04 WIB
2307_bp-raih-wtp_023092349134988.jpg
Pejabat BPK RI bersama Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan Wahjoe Triwidijo Koentjoro di ruang rapat konsultasi Gedung Tower BPK RI, Senin (22/7/2024).

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas laporan keuangan tahun 2023.

BP Batam sukses mempertahankan penghargaan tertinggi untuk laporan keuangan lembaga negara ini sejak 2017 lalu, atau yang kedelapan kalinya secara berturut-turut.

Anggota V BPK RI Ahmadi Noor Supit mengatakan, pemberian Opini WTP terhadap BP Batam telah sesuai dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Di mana, BPK menetapkan empat kriteria penilaian yang mencakup pada kesesuaian dengan Standar Audit Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pemeriksaan Intern (SPI).

"Pencapaian ini menunjukkan komitmen BP Batam dalam mengelola keuangan negara secara akuntabel. Prestasi ini juga mendorong BP Batam untuk dapat terus menciptakan keselarasan dalam menjalankan program pembangunan yang inklusif," ujar Ahmadi di Ruang Rapat Konsultasi, Gedung Tower BPK RI, Senin (22/7/2024).

Ahmadi pun mengapresiasi pencapaian BP Batam yang sukses mempertahankan Opini WTP sejak 2017 lalu. Pemberian opini tersebut, katanya, merupakan tolak ukur terhadap tranparansi dan akuntabilitas suatu laporan keuangan lembaga negara.

Sehingga, tiap lembaga memiliki tanggung jawab penuh terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah (APBN/D) dalam membangun bangsa dan negara.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama BP Batam selama proses berlangsung. Saya ucapkan selamat untuk BP Batam," pungkasnya.

Sementara Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan jika predikat WTP tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi BP Batam. Ia pun berkomitmen untuk menyelesaikan beberapa rekomendasi dari BPK RI selama audit berlangsung.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan upaya terbaik dalam mengelola keuangan negara dan memberikan kemudahan perizinan," ungkap Rudi --yang hadir bersama Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro.

Rudi juga menegaskan jika BP Batam akan terus berupaya maksimal dalam mendukung pembangunan inklusif demi meningkatkan nilai investasi yang dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami juga memohon petunjuk dari BPK dalam menyelesaikan beberapa rekomendasi agar tidak ada permasalahan anggaran ke depannya," pungkasnya.

Editor: Gokli