BNN RI dan Lion Group Teken MoU dan Pemasangan Stiker 'War on Drugs'
Oleh : Aldy
Rabu | 27-09-2023 | 14:04 WIB
Lion-BNN.jpg
Pemasangan stiker 'perang terhap narkoba' pada body pesawat Lion Gruop di Hanggar G BAT Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Rabu (27/9/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bersama Lion Group melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) sekaligus pemasangan stiker 'war on drugs' pada pesawat yang tergabung dalam Lion Group.

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung Deputi Pencegahan BNN RI, Drs Richard M Nainggolan dan Direktur PT Lion Group, Daniel Putut Kuncoro Adi di Hanggar G Batam Aero Technic ( BAT) Bandara Internasional Hang Nadim, Rabu (27/9/2023).

Deputi Pencegahan BNN RI, Richard M Nainggolan, menyampaikan perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara BNN RI dan PT Lion Group yang menyepakati beberapa hal, salah satunya yaitu dalam bidang pencegahan.

Dalam pelaksanaannya, perjanjian kerja sama ini, salah satunya untuk penyebarluasan informasi pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika.

Perjanjian kerja sama ini melingkupi lima hal, antara lain, penyediaan aircraft livery untuk digunakan sebagai media informasi dan edukasi, penyelenggaraan berbagai program/kegiatan informasi dan edukasi khususnya terkait penyuluhan narkoba dalam bentuk interaksi dengan para penumpang.

Kemudian, penyelenggaraan program seminar tentang penyalahgunaan narkoba kepada seluruh pegawai PT Lion Group; penyelenggaraan sosialisasi di wilayah kargo terkait Pencegaan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN); serta program pengembangan informasi dan edukasi lainnya.

"Mari kita terus berjuang bersama untuk mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih dari Narkoba)," ucap Richard Nainggolan.

Richard menjelaskan, penyalahgunaan narkoba saat ini semakin masif, dengan adanya kerja sama ini, diharapkan semakin bisa menyebar luaskan informasi terkait bahaya narkoba. Dengan adanya stiker di setiap pesawat khususnya pada Lion Group, setidaknya masyarakat sudah mendapatkan pesan tentang bahaya narkoba itu.

"Tentunya deng MoU ini, kita semakin masif mengajak masyarakat untuk bersama-sam memerangi narkoba," imbuhnya.

Sementara Direktur PT Lion Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, mengungkapkan terkait dengan aircraft livery, PT Lion Group menyediakan empat maskapai yaitu Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Super Air Jet dengan tipe pesawat boing 737NG series, airbus A320-200 series, dan ATR72 series. Aircraft livery tersebut akan terpasang selama 3 tahun terhitung sejak tanggal 12 Agustus 2023.

"Pembuatan aircraft livery ini diharapkan dapat menjadi media kampanye pencegahan penyalahgunaan narkotika yang efektif, khususnya kepada para pengguna moda transportasi udara," ungkap Daniel.

Daniel menjelaskan, dengan kesepakatan bersama BNN RI, pihaknya berkomitmen dalam pencegahan narkoba. Upaya pencegahan, kata Daniel, juga bisa pengawasan, pertukaran data dan informasi dan moneyfest, melalui lintas penerbangan.

Dengan kekuatan dan profesionalisme, menjujung tinggi standar penerbangan, termasuk dalam memerangi narkoba, pihaknya berharap, kedepan, ndonesia bisa terbebas dari narkoba. "Melalui MoU ini, kita gelorakan narkoba adalah musuh kita bersama. Sebab, narkoba selalu ada di antara kita. Kita berharap dengan stiker ini Lion Group lebih serius untuk melawan narkoba," jelasnya.

Editor: Gokli