Targetkan 150 Kantong Darah

Jamselinas dan WITT Berkolaborasi Gelar Donor Darah di Mega Mall Batam Center
Oleh : Aldy
Sabtu | 23-09-2023 | 12:48 WIB
donor-darah5.jpg
Donor darah yang digelar Jamselinas dan WITT di Mega Mall Batam Center, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kolaborasi Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas) dengan Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) menggelar donor darah di Mega Mall Batam Center, Sabtu (23/9/2023).

Aksi sosial ini ditargetkan dapat mengumpulkan 150 kantong darah yang nantinya disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam.

Ketua Jamselinas Batam, Indra Hariyanto, menyampaikan acara kali ini merupakan rangkaian acara Jamselinas, secara nasional. Di mana untuk tahun 2023, Kota Batam sebagai tuan rumah untuk kegiatan tahunan dan merupakan tahun yang ke-12 dari Jamselinas.

"Untuk aksi sosial ini, kita berkolaborasi dengan WITT Kepri, kita targetkan 150 kantong darah yang akan kita serahkan ke PMI Batam, tentunya para peserta akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim medis kami," ujar Indra, di sela-sela donor darah.

Indra menjelaskan, sejumlah rangkaian acara juga akan digelar setelah aksi sosial ini. Dengan dukungan dari sejumlah pihak seperti Ikatan Alumni FK UNSRI dan Komunitas Kesehatan Indonesia (Kosindo) diharapkan kegiatan tahunan dari Jamselinas bisa sukses hingga ke acara inti.

"Acara intinya nanti pada (11/11/2023), acara itu merupakan sport tourism (sepeda lipat), dengan target hingga 5.000 peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Rutenya, start dari Engku Putri, dan finish di Nuvasa Bay," ungkap Indra.

Di lokasi yang sama, Ketua WITT Provinsi Kepri, Dewi Triyanawati, menyebutkan aksi sosial ini merupakan salah satu program dari organisasi yang mengkampanyekan bahaya yang ditimbulkan dari tembakau. "Setelah WITT resmi hadir di Kepri, beberapa hari lalu, ini merupakan kegiatan sosial pertama kami di Batam. Selanjutnya akan ada beberapa kegiatan sosial lainnya," ucap Dewi.

Dewi menambahkan, kegiatan ini jug didukungan oleh beberapa tenaga medis dari RS Awal Bros dan RS Kasih Sayang Ibu. "Kami sangat mengapresiasi antusias peserta untuk mendonorkan darahnya. Untuk kemeriahan dan ucapan terima kasih, kami sediakan hadiah menarik yang bisa dibawa langsung oleh pendonor. Selain itu ada doorprize dengan hadiah yang menarik," jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, menyampaikan apresiasi kepada Jamselinas dan WITT, atas kegiatan sosial ini. Baginya, rangakaian acara yang akan digelar oleh Jamselinas, merupakan kegiatan Sport Tourism yang bisa membangkitkan pariwisata Batam.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan Batam, agar tetap aman sehingga sejumlah kegiatan terus bisa digelar. Sehingga bisa memberikan kontribusi yang positif bagi Batam dan Kepri pada umumnya," kata Marlin Agustina.

Editor: Gokli