Bimtek Perdagangan Antar Pulau, Roby: Pendataan Sebagai Gambaran Penyusunan Kebijakan Pemerintah
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 21-09-2023 | 16:36 WIB
Roby-Bimtek1.jpg
Bupati Bintan Roby Kurniawan menghadiri kegiatan Bimtek Perdagangan Antar Pulau. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Perdagangan antar pulau (domestik) saat ini menjadi perhatian Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah. Hal ini terpusat pada pendataan yang akan menjadi data base perdagangan sebagai bahan bagi semua Instansi dalam menyusun kebijakan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menegaskan mendukung penuh perdagangan antar pulau saat menghadiri Bimbingan Teknis Perdagangan Antar Pulau, Kamis (21/9/2023) di Aula Bandar Seri Bentan.

Roby menyampaikan pesan kepada semua pihak baik pedagang, pendistribusi hingga penerima barang dagangan akan pentingya pemahaman tentang regulasi dan dukungan untuk mengimplementasikannya.

"Ada Undang-undang, Inpres dan Permendag yang semuanya harus dipahami dan didukung. Yang demikian itu untuk kebaikan kita bersama," paparnya.

Dijelaskan bahwa pendataan yang dimaksudkan dimulai dari siapa pedagang yang mengirim barang, kapal laut yang mengangkut barang, jenis dan volume barang yang diangkut hingga penerima barang tersebut.

"Semua itu kan jadi salah satu upaya, minimal jangan sampai ada barang terlarang dan ilegal. Kita juga bisa tau dengan pasti distribusi bahan baku dan lainnya sehingga jadi gambaran dasar dalam menyusun kebijakan baik di Pemerintah Daerah sampai ke Pemerintah Pusat," jelas Roby saat ditanyai usai kegiatan.

Bimtek ini akan diisi oleh narasumber dari Kementerian Perdagangan termasuk pihak-pihak yang terkait di dalamnya. Diharapkan pula setelah Bimtek ini akan langsung dilakukan pendataan secara menyeluruh tentang perdagangan domestik lintas pulau.

Editor: Yudha