Baru Bulog dan Hypermart yang Sediakan Barang

Kebutuhan Dapur Tak Lengkap, Pengunjung Pasar Murah Disperindag Kepri di Pesona Asri Kecewa Berat
Oleh : Aldy
Kamis | 21-09-2023 | 11:52 WIB
pasr-murah-pesona.jpg
Suasana Pasar Murah Disperindag Kepri di Perumahan Pesona Asri, Batam Center, Kamis (21/9/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepri menggelar pasar murah di Fasum Perumahan Pesona Asri, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Kamis (21/9/2023).

Pantauan BATAMTODAY.COM, hingga pukul 11.00 WIB masih sepi pengunjung, di mana sesuai jadwal pasar murah tersebut digelar mulai pukul 10.00 WIB.

Pasar murah tersebut hanya diisi Bolug Batam dan perwakilan dari ritel Hypermart. Sejumlah warga yang mulai berdatangan terlihat kecewa lantaran bahan sembako yang disiapkan Disperindag Kepri, tidak lengkap, hingga kebanyakan warga memilih balik kanan.

Mayoritas emak-emak datang mencari sayur mayur, telur, bawang, cabai, dan komoditi pokok lainnya. Akan tetapi, di pasar murah ini hanya ada beras, telur, minyak goreng dan daging frozen.

Aminah, warga yang turut berkunjung ke lokasi pasar murah mengaku kecewa, karena barang yang dicari tidak tersedia. "Tak jadi beli. Karena yang dicari sayur mayur, bawang dan cabai, tapi barangnya tak ada," ujarnya.

Kekecewaan juga meliputi pengunjung pasar lainnya. Pasar murah yang menjadi favorit masyarakat, namun tidak banyak barang yang tersedia. "Kebutuhan pokoknya malah tak ada. Hanya beras sama minyak, dan daging. Sedangkan yang hijau-hijau tidak ada," ujar Aini, warga lainnya.

Ibu-ibu yang datang sudah membawa kantong belanja, harus kembali pulang ke rumah atau mencari pasar untuk mendapatkan kebutuhan mereka. "Saya datang ke sini karena katanya lebih murah dari harga pasar. Tetapi sudah pukul 10.00 WIB tak ada yang buka stand sayur-sayurnya," ungkapnya.

Stand kedua diisi oleh Hypermart yang menjajakan barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, sabun, buah, dan beberapa barang lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Kepri, Fansuri, menyebutkan pihaknya menyediakan 5 tenda untuk distributor.

Ia mengakui baru dua yang terisi, sementara distributor lainnya akan datang pada siang hari. "Acara kita gelar sampai sore. Distributor lain mungkin agak siang datangnya," ungkap Fansuri, di lokasi pasar murah.

Sementara itu, Pimpinan Bulog Cabang Batam, Meirizal, mengatakan pihaknya diminta dari Disperindag Kepri untuk ikut berpatisipasi dalam kegiatan pasar murah. "Kami siapkaan, beras, gula, minyak goreng dan daging kerbau frozen," ujar Meirizal.

Dijelaskan Meirizal, untuk saat ini pihaknya menyediakan stok beras pasar murah sebanyak 1 ton. Untuk harga beras kualitas medium Rp 10.250 dan kualitas premium Rp 13.300 per kilogram. Gula pasir Rp 13.450 per kilogram, minyak Kita Rp 12.000 dan minyak goreng premium Rp 15.800 per liter.

"Untuk stok kami rasa cukup, bila diperlukan, stok akan kami tambah," pungkasnya.

Editor: Gokli