Hujan Deras, Wilayah Tanjunguncang Dikepung Banjir
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 20-09-2023 | 13:12 WIB
Jupiter.jpg
Banjir merendam jalan depan Perumahan Jupiter, Tanjung Riau, Sekupang, Rbau (20/9/2023). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh Kota Batam pada Rabu (20/9/2023) mengakibatkan sejumlah titik mengalami kebanjiran.

Seperti yang terjadi di ruas jalan daerah Tanjunguncang, Kecamatan Batu Aji dan sekitarnya tergenang banjir.

Akibatnya sejumlah warga dan pengendara kendaraan bermotor tidak dapat melintas sehingga mengganggu aktivitas lalu lintas. Genangan air yang cukup tinggi terlihat di beberapa titik Jalan Brigjen Katamso, hingga terjadi kemacetan.

"Padahal drainase sudah diperbesar, tetapi tetap saja banjir," keluh Ilham, pengendara motor yang melintas tepat di depan SPBU Tanjunguncang.

Titik banjir di depan SPBU Tanjunguncang, Jalan Brigjen Katamso, Rabu (20/9/2023). (Foto: Irwan Hirzal)

Genangan air juga terjadi di simpang perumahan Jupiter, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang. Lokasi itu kerap terendam banjir saat hujan deras melanda. Penyebapnya drainase yang ada, tak bisa menampung debit air yang cukup tinggi, meski hujan sudah redah masih butuh waktu yang cukup lama untuk jalan kembali mengering.

"Simpang Jupiter ini sering menjadi langganan bajir. Selain dataran rendah, drainase yang berada di bahu jalan tidak bisa menampung debit air yang tinggi," kata Dedi, warga Perumahan Jupiter.

Diketahui, lokasi Perumahan Jupiter ini merupakan perbatasan wilayah Kelurahan Tanjunguncang - Kecamatan Batu Aji dengan Kelurahan Tanjung Riau - Kecamatan Sekupang.

Editor: Gokli