Wilayah Riau Kepulauan Tersambung, Layanan Telekomunikasi TelkomGroup Kembali Normal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 15-08-2023 | 12:12 WIB
Fiber-Optik.jpg
Petugas Telkom saat menyambung fiber optik yang sempat terputus. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan telekomunikasi di Riau Kepulauan dari Tanjung Batu-Tanjung Balai Karimun-Pulau Burung berhasil tersambung dan kembali normal pada Kamis (10/8/2023), setelah sistem komunikasi kabel laut (SKKL) di wilayah tersebut sempat mengalami putus pada akhir Juli lalu.

GM Witel Riau Kepulauan Telkom, Muhammad Zaidan Jauhari, menyampaikan pelanggan Telkom dan Telkomsel dapat kembali menikmati layanan data dan suara melalui SKKL.

"Alhamdulillah, link Tanjung Batu sudah mengalir trafiknya yakni link Tanjung Batu ke Tanjung Balai Karimun sebesar 5x10G dan 1x10G dari Tanjung Batu ke Pulau Burung," ucap Zaidan, dalam keterangan resmi, Selasa (15/8/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, rollback service (pemulihan database dan layanan) dari teknologi radio sebagai back up layanan kepada pelanggan Telkom dan Telkomsel selama hampir 11 hari ke SKKL berlangsung lancar dan pengalihan layanan melalui teknologi radio telah dihentikan.

Selain itu, seluruh layanan data dan suara pelanggan IndiHome dan Telkomsel telah kembali menggunakan Metro SKKL dari Tanjung Balai Karimun ke STO Batam Center.

Zaidan menambahkan, seluruh tim yang terlibat telah bersinergi dan berkomitmen mempercepat perbaikan gangguan demi memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dan seluruh masyarakat. Telkom berterima kasih atas kepercayaan dan loyalitas para pelanggan, ke depannya kami akan terus berupaya memberikan produk dan layanan digital terbaik bagi para pelanggan dan masyarakat.

Editor: Gokli