TelkomGroup Optimis Perpindahan IndiHome ke Telkomsel Berdampak Positif bagi Perusahaan dan Digitalisasi Indonesia
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 29-07-2023 | 12:08 WIB
teknisi-TelkomGroup.jpg
Teknisi TelkomGroup. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Per 1 Juli 2023 lalu, IndiHome resmi pindah ke Telkomsel, di mana sebelumnya Telkom dan Telkomsel telah menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off).

Hal ini merupakan tonggak penting bagi implementasi inisiatif Fixed-mobile convergence (FMC) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves dalam rangka menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat seperti menghadirkan layanan broadband yang lebih luas, merata, dan andal, mendukung akselerasi inklusi digital dan ekonomi digital, meningkatkan level playing field industri telekomunikasi Indonesia, serta memperkuat bisnis perseroan di masa mendatang.

Selanjutnya pada 21 Juli 2023, Telkomsel melanjutkan langkah tersebut dengan meluncurkan produk baru dengan brand 'Telkomsel One' yang menghadirkan pengalaman konektivitas broadband tanpa batas, baik di dalam maupun di luar rumah, untuk solusi internet pasti terkoneksi dan hiburan digital bagi seluruh pelanggan serta masyarakat.

Telkomsel One menyediakan berbagai pilihan paket unggulan yang customer centric sesuai kebutuhan pelanggan, dengan harga mulai dari Rp 120 ribu untuk satu bulan berlangganan, serta kecepatan internet rumah hingga 2 Gbps. Paket ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat di 501 kabupaten/kota wilayah di Indonesia.

"IndiHome akan bersinergi dengan Telkomsel untuk menghadirkan inovasi yang akan menyukseskan FMC ini dan memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan serta seluruh stakeholder. Kami optimis FMC akan memperkuat kinerja perseroan, sementara Telkom pun terus meningkatkan kapabilitas menjadi pemain besar B2B. Ke depannya TelkomGroup akan melanjutkan rencana transformasi Five Bold Moves lainnya seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co, dan DigiCo," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7/2023).

Sebagai wujud keseriusan dalam menggarap segmen B2B, belum lama ini Telkom meluncurkan Indibiz tepatnya pada momen Digiland 2023 di Jakarta. Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha Indonesia utk membawa UKM Go Global melalui 4 pilar yaitu Solusi platform dan layanan digital, Kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM, Kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta Kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM.

Ke depannya, Telkom juga akan melakukan percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional agar dapat melayani segmen ini secara menyeluruh, untuk mendukung sektor korporasi, UMKM, maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi.

Editor: Gokli