Semarakkan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kejari Batam Gelar Lomba Tari Kreasi Tobelo
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 19-07-2023 | 12:48 WIB
HBA-63-BTM.jpg
Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menggelar lomba Tari Kreasi Tobelo di Halaman Kantor Kejari Batam, Jalan Engku Putri Batam Center, Rabu (19/7/2023). (Foto: Paskalis RH

BATAMTODAY.COM, Batam - Menyemarakkan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menggelar lomba Tari Kreasi Tobelo di Halaman Kantor Kejari Batam, Jalan Engku Putri Batam Center, Rabu (19/7/2023).

Kajari Batam, Herlina Setyorini, mengatakan peserta lomba tari kreasi Tobelo berasal dari masing-masing bidang satuan kerja (Satker) di antaranya, bidang Pidana Umum, Pidana Khusus, Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Intelejen serta Pengawasan, Pembinaan dan Ikatan Adhyaksa Darmakarini (IAD).

"Tarian Tobelo, merupakan tarian yang berasal dari Halmahera Utara, diiringi musik yang ceria, goyangan ini mampu membuat kita bahagia," kata Kajari Batam, Herlina Setyorini saat membuka rangkaian kegiatan peringatan HBA ke-63 tahun.

Herlina menjelaskan, tujuan dari Tobelo yang di perlombakan adalah untuk meningkatkan rasa cinta kepada tarian daerah khas Indonesia, dan mengasah kreatifitas para peserta di bidang kebudayaan sehingga mampu menciptakan suatu kreasi baru yang berakar dari tradisi Nusantara.

Perlombaan ini, kata Herlina, bertujuan untuk membangun dan menjalin silaturahmi antar seluruh warga Adhyaksa di lingkungan Kejari Batam serta meningkatkan kemampuan peserta di bidang olahraga khususnya senam.

"Lomba ini sebagai ajang silaturahmi antar sesama pegawai. Perlombaan ini digelar untuk meningkatkan kreatifitas dan keakraban antar pegawai Kejari Batam, bukan menjadi juara yang terpenting tapi rasa kebersamaan seluruh pegawai yang paling utama," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia peringatan HBA ke-63 sekaligus Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Batam, Aji Satrio Prakoso, mengatakan HBA tahun 2023 yang mengambil tema 'Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional' akan disemarakan dengan berbagai perlombaan.

Aji menjelaskan, selain senam kreasi Tobelo yang dilombakan, ada sejumlah perlombaan yang terlebih dahulu digelar sebagai rangkaian peringatan HBA ke-63, antara lain Pertandingan Playstation, Domino (Gaplek), pertandingan Badminton dan pertandingan Tenis Meja Putra dan Putri serta lomba paduan suara dengan menyanyikan Mars Adhyaksa.

Dengan momentum HBA tahun ini, Aji pun berharap langkah penegakan hukum kedepannya yang dilaksanakan Kejari Batam tetap berjalan dengan baik dan lancar serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Kejaksaan sehingga menjadi lembaga yang kredibel.

Seperti yang kita ketahui bersama, sambungnya, institusi Kejaksaan merupakan salah satu titik sentral dari penegakan hukum di Indonesia. Oleh sebab itu, institusi Kejaksaan harus mampu menghasilkan produk hukum yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutanya, kata Aji lagi, puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 akan dilakukan secara serentak pada 22 Juli 2023 mendatang. "Puncak acara akan dilakukan upacara peringatan. Setelah itu dilanjutkan dengan acara syukuran dan rama tamah. Semoga ke depan kami semakin dikuatkan, semakin jaya dan solid, serta semakin profesional," pungkasnya.

Editor: Gokli