Data Sementara Kebakaran di Pulau Buluh, 9 Rumah Hangus serta 1 Korban Jiwa
Oleh : Aldy
Rabu | 19-07-2023 | 12:00 WIB
api-su-padam.jpg
Kobaran api yang melahap 9 unit rumah di Pulau Buluh, Kota Batam, setelah berhasil dipadamkan, Rabu (19/7/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat kebakaran rumah penduduk di Pulau Buluh pada Rabu (19/7/2023) sekitar pukul 05.10 WIB, satu korban jiwa bernama Sui Eng (73) dan 9 rumah hangus.

Kepala Dinas Kominfo Batam, Rudi Panjaitan, menyampaikan kebakaran yang terjadi di RT06/RW02 Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang. Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi penyebabnya serta jumlah kerugian, masih dalam penyelidikan.

Menurut saksi, Rudi menjelaskan, warga RT06 yang tinggal di sekitar lokasi kejadian melihat kebakaran rumah dan langsung lari keluar rumah memanggil warga sekitar.

Kemudian, warga sekitar bersama staf kelurahan, kecamatan dan personel Polsek Bulang serta TNI Angkatan Laut dengan tugboat sebanyak 3 unit dari perusahaan sekitar mendatangi tempat kejadian kebakaran.

"Dengan peralatan seadanya, Tim yang turun itu langsung membantu memadamkan api dan evakuasi barang milik korban kebakaran. Namun, upaya awal tersebut belum bisa memadamkan api secara keseluruhan," ungkap Rudi Panjaitan.

Lanjut Rudi, bantuan dari Bhabinkamtibmas Kelurahan Pulau Buluh dengan menggunakan kapal patroli Polsek Bulang bersama personel yang piket dan LPM meminta bantuan ke Kapal SMS Endeavour PT wintermar.

"Ada tugboat yang sedang berlabuh di Perairan Bulang, turut membantu memadamkan api. Setelah Kapal dan Tugboat tersebut tiba di TKP, api berhasil dipadamkan," terang Rudi Panjaitan.

Turut hadir di lokasi kejadian, Kadis Damkar Azman, Camat Bulang M Ramadhan Zuhri, beserta seluruh staf Kecamatan Bulang, Kapolsek Bulang dan UPIKA Kecamatan serta perangakat RTRW/LPM/tokoh masyarakat/tokoh agama.

Editor: Gokli