Dimulai Hari Ini, Berikut Jadwal Operasi Pasar Murah Jelang Idul Adha di Batam
Oleh : Aldy
Selasa | 13-06-2023 | 13:48 WIB
pasar-murah-bengkong.jpg
Operasi pasar murah di Depan Kantor Camat Bengkong, Selasa (13/6/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar operasi pasar murah, yang dimulai hari ini, Selasa (13/6/2023) di beberapa titik.

Pada hari pertama operasi pasar dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid dan Ketua Assosiasi distributor Batam, Ariyanto.

Berikut jadwal dan lokasi operasi pasar murah yang digelar oleh Pemko Batam

Selasa, 13 Juni 2023, lokasi depan Kantor Camat Bengkong, Kecamatan Bengkong pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Kamis, 16 Juni 2023, lokasi depan La Kopi/Mori Patam Lestari, Kecamatan Sekupang, pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Sabtu, 17 Juni 2023, lokasi lapangan Flamboyan Community, Sei Pelenggut, Kecamatan Sagulung, pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Selesa, 20 Juni 2023, lokasi Perum GMP II Sengkuang, Kecamatan Batu Ampar, pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Kamis, 22 Juni 2023, lokasi Ruko GMP Blok N RT02/RW02 Duriangkang, Kecamatan Sei Beduk, pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Sabtu, 24 Juni 2023, lokasi Perum Griya Prima (samping Radar Cafe) Buliang, Kecamatan Batu Aji, pukul 09.00 - 12.00 WIB.

Sekda Jefridin Hamid mengatakan, tahun ini Pemko Batam sepakat meningkatkan intensitas pelaksanaan operasi pasar bersama distributor. "Alhamdulillah, evaluasi setiap tahun, setiap momen hari besar, dan ketika harga mengalami kenaikan distributor mau diajak bekerja sama untuk pengendalian harga," kata Jefridin, usai meninjau pelaksanaan pasar murah.

Intervensi harga pasar melalui operasi pasar murah ini diharapkan bisa memberikan dampak terhadap pemenuhan kebutuhan. Untuk beberapa komoditi seperti telur yang saat ini mengalami kenaikan, untuk itu, distributor menyiagakan empat truk telur.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan telur saat operasi pasar. Telur dijual seharga Rp 57 ribu per papan, atau lebih murah dari harga pasar, yang saat ini berada di harga Rp 60 - 62 ribu per papan.

"Operasi pasar tidak bicara keuntungan. Namun peran serta semua pihak dalam mengendalikan inflasi, dan harga. Walaupun pasokan aman, ternyata harga sulit dibendung," ungkapnya.

Disaat yang sama, Ketua Asosiasi Distributor Kota Batam, Aryanto mengatakan kenaikan harga telur disebabkan karena kenaikan pakan ternak. Selain itu daerah pemasok telur yaitu Medan, juga mendapat permintaan dari Jawa. Sehingga hal ini turut mempengaruhi harga telur di Batam.

"Kalau kenaikan, itu terjadi di seluruh Indonesia. Namun kami berupaya hadir di operasi pasar murah dengan harga modal," sebutnya.

Terkait dengan telur Barelang, ia menjelaskan telur Barelang disebut dengan telur segar. Untuk harga telur Barelang lebih tinggi dari pada telur dari Medan. Namun, produksi telur Barelang juga masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan warga Batam. Sehingga Batam masih mengharapkan dari luar.

"Telur lokal lebih mahal pastinya. Jadi makanya Batam masih bergantung dari daerah luar seperti Medan," ungkapnya.

Sementara Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, mengatakan pelaksanaan pasar murah digelar di enam kecamatan. Pertama Kecamatan Bengkong, Sekupang, Sagulung, Batu Ampar, Seibeduk, dan Batu Aji.

"Enam kecamatan ini dominan untuk kegiatan operasi pasar. Sementara yang lain masih terbilang normal," sebutnya.

Ia berharap dengan adanya operasi pasar murah ini, bisa membantu penyeimbang harga di pasar, terutama saat ada kenaikan harga komoditi. "Ini kami gelar mendekati lebaran Iduladha. Semoga bermanfaat kegiatan ini," tutup Gustian.

Editor: Gokli