Batam Jadi Tujuan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi
Oleh : Redaksi
Minggu | 11-06-2023 | 17:04 WIB
A-SHARING-BTD.jpg
Flyer kegiatan sharing komunikasi dan motivasi pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana di Batam. (Foto: Aqua/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pakar komunikasi dan motivator nasional, Dr Aqua Dwipayana dikenal sebagai sosok yang santun sekaligus hobi menolong dan memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Di mana pun berada, konsisten melakukan aktivitas mulia yang positif tersebut.

Hal tersebut tercermin dari sikapnya yang langsung mengiyakan permohonan Pemimpin Redaksi Portal Berita Online BATAMTODAY.COM dan J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani yang merupakan sahabatnya, yang sudah lebih dari dua daswarsa tidak bersua dengan doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut.

Dr Aqua Dwipayana selama ini sangat menghargai semua undangan sharing komunikasi dan motivasi. Meski sering harus memilih yang harus dipenuhi karena waktunya bersamaan. Biasanya memprioritaskan yang lebih dulu mengundangnya.

Setiap ada undangan dari media, Dr Aqua Dwipayana sangat bahagia dan dengan penuh suka cita menghadirinya. Saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi serasa seperti nostalgia karena pernah sekitar 6 tahun (1988-1994) jadi wartawan di berbagai media besar.

Dr Aqua Dwipayana ketika menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di media serasa kembali ke habitatnya. Pekerjaan yang pernah menempanya hingga bisa sukses seperti sekarang ini.

Media Siber Pertama di Batam

Pada Senin 12 Juni 2023 pagi, Dr Aqua Dwipayana dijadwalkan memberikan pembekalan kepada awak redaksi dua portal berita terverifikasi Dewan Pers di 'kota industri" tersebut, yakni BATAMTODAY.COM dan J5NEWSROOM.COM. Pria yang hobi bersilaturahim itu akan memaparkan materi bertajuk 'The Power Of Silaturahi: Memperkuat Jaringan Demi Eksistensi Media'.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut akan berlangsung di Kantor BATAMTODAY.COM, Kompleks Oriana Blok A. 02 No. 08, Batam Centre Kota Batam, Kepulauan Riau. Selain redaksi BATAMTODAY.COM, peserta dari sharing tersebut adalah juga awak redaksi dari portal berita anak perusahaan batamtoday, yakni J5NEWSROOM.COM.

Batamtoday.com adalah media siber pertama di Provinsi Kepri. Terbit perdana 16 tahun yang lalu, portal ini mengangkat tagline sebagai "Sumber Inspirasi Masyarakat Kepri". Tim redaksinya melakukan liputan umum dan memiliki wartawan dan kantor perwakilan di semua kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Batamtoday.com adalah media yang menjadi mitra kritis pemerintah dan insitutusi swasta lainnya.

Sementara itu, J5NEWSROOM.COM adalah majalah siber Indonesia yang mengangkat tagline "Mencerahkan dan Mencerdaskan". Ini adalah media pertama di Provinsi Kepri yang mengambil segmentasi pembaca milenial kritis. Fokus pada liputan-liputan pendidikan, internasional, sastra, dan budaya serta dunia milenial. Terbit perdana pada 17 Agustus 2022 lalu.

Rezeki Sekaligus Amanah

Dr Aqua Dwipayana mendapat undangan langsung dari pemimpin redaksi kedua portal tersebut yakni Saibansah Dardani. Seperti biasa, Dr Aqua Dwipayana menyanggupi permohonan tersebut dan menjadikannya sebagai rezeki sekaligus amanah yang mesti ditunaikan dengan baik.

"Insya Allah Mas Saibansah, saya senang mendapat undangan untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi. Ini rezeki sekaligus amanah buat saya. Semoga apa yang saya sampaikan nanti dapat memberikan motivasi sekaligus sebagai pelecut spirit awak redaksi untuk menjadikan silaturahim sebagai bagian dari membangun jejaring demi keberlangsungan media," ungkap Dr Aqua Dwipayana, sang penulis buku-buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim.

Dr Aqua Dwipayana adalah sosok yang santun sekaligus hobi menolong dan memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Saibansah sendiri dalam pengakuannya sudah lama tidak bersua dengan Dr Aqua Dwipayana bahkan selama lebih dari dua puluh tahun atau dua dasawarsa.

"Dua dasawarsa lebih. Yaa...sekitar 21 atau 22 tahun, gitulah. Saya tidak pernah bersua atau hanya sekadar berkontak telepon dengan sahabat saya, Dr Aqua Dwipayana. Kami sempat sama-sama jadi wartawan yang bekerja di media di bawah payung besar bernama, JPNN (Jawa Pos News Network)," ucap Saibansah.

Gara-gara membaca tulisan berjudul 'Kambing Gemuk' yang ditulis tokoh media nasional dan mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara pada masa kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Dahlan Iskan, akhirnya ia bisa bersua kembali dengan sahabatnya yang kini telah menjadi seorang Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional.

Ia menuturkan, pada Sabtu, 8 April 2023, Saibansah membaca tulisan wartawan senior yang sudah dianggap sebagai guru jurnalistiknya, Dahlan Iskan yang menulis catatan harian di medianya, Disway, berjudul: 'Kambing Gemuk'. Dalam tulisan itu ada satu alinea yang menyebut nama, Aqua Dwipayana. Ini alineanya:

"Istri pilih meneruskan rencana Safari Ramadan, dengan jalan darat ke Tasik. Istri mengantar saya sampai bandara. Juga diantar teman lama Aqua Dwipayana."

Begitu Saibansah baca ada nama Aqua Dwipayana, dirinya langsung menghubungi 'Pak Bos' Dahlan Iskan melalui pesan WhatsApp (WA). Ia menulis begini: "Aslm, Pak Dahlan, saya teman lama Aqua Dwipayana waktu saya jadi Kepala Perwakilan Riau Pos di Jakarta akhir 90-an, saya sudah puluhan tahun kehilangan kontak dengan mas Aqua, bolehkah saya minta WA beliau pak? Matur suwon."

"Tak sampai 30 menit, 'Pak Bos' Dahlan Iskan mengirim nomor kontak Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional yang kegiatannya mirip "gasing" itu. Sibuk. Keliling. Sebentar di satu kota, besok sudah ke kota lain, lusa sudah terbang lagi. Makanya, seorang sahabat wartawan senior yang juga Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat (Sumbar) Firdaus Abie sampai menulis dengan judul begini: "Mengintip Waktu Istirahat Dr Aqua Dwipayana."

Juga, lanjut Saibansah, seorang wartawan senior yang tinggal di Yogyakarta, Erwan Widyarto menulis tentang Dr Aqua Dwipayana yang seperti 'gasing' itu dengan judul: "Menguji Kembali 'Validitas' Kiprah Sosial dan Jejak Silaturahim Tanpa Henti Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana."

Tulisan kedua wartawan senior itu, isinya hampir sama, memang sosok uda Aqua Dwipayana ini aktivitasnya tidak jauh dari tiga hal: Yaitu, bergerak, produktif dan berbagi.

"Kembali ke cerita 'Pak Bos' Dahlan Iskan. Tak lama setelah jeda saya mengucapkan, "matur suwon Pak Dahlan" dalam pesan WA. Masuk lagi pesan dari mantan Menteri BUMN era Presiden SBY itu, "Salam saya dari Beijing". Pesan ini pun langsung saya sampaikan kepada Uda Dr Aqua Dwipayana," kata Saibansah menguraikan.

Nomor kontak yang dikirim mantan bos Jawa Pos itu langsung di-save.

"Aslm, mas Aqua, apa kabar? Saya Saibansah di Batam, masih ingatkah?" Quick response. Tidak pakai lama. Sebuah pesan masuk ke HP saya.

"Waalaikumsalam Mas SAIBANSAH DARDANI. Alhamdulillah…Silaturahim kita tersambung lagi. Sudah lama sekali ya kita tidak ketemu. Rasanya lebih 10 tahun. Sekarang Mas SAIBANSAH tugas di mana n sebagai apa? Semoga makin sukses. Aamiin ya robbal aalamiin…Salam hormat buat keluarga. Makasih banyak Mas SAIBANSAH."

Begitulah ciri khas pesan WA yang dikirim oleh Aqua Dwipayana, lanjut Saibansah. Bahasanya ditulis lengkap, tidak disingkat-singkat. "Dan setiap menulis nama saya selalu menggunakan huruf kapital. Begitulah cara seorang doktor Komunikasi itu menghormati lawan bicaranya melalui tulisan," ucapnya.

Sampai sekarang, sejak terhubung kembali persahabatan mereka, Dr Aqua Dwipayana selalu menulis nama Saibansah dalam pesan WA-nya selalu dengan huruf kapital. "Tidak lupa, disertai ucapan terima kasih."

Visi dan Misi

Visi BATAMTODAY.COM:
Menjadi media siber yang menghubungkan masyarakat dan pembuat kebijakan, pebisnis dengan kliennya, dan para pelaku usaha dengan konsumennya. Karena BATAMTODAY.COM memiliki jangkauan luas tanpa batas, waktu dan tempat.

Misi BATAMTODAY.COM:

• Menyediakan jasa informasi dalam bentuk berita online, dalam pelayanan informasi dan komunikasi.
• Menjadikan produk layanan berita sebagai konsumsi masyarakat.

• Menyediakan pelayanan jasa informasi untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat/konsumen.
• Sebagai mitra strategis instansi/pemerintah dalam rangka menyosialisasikan kebijakan strategis dengan tetap bersikap kritis.

Visi J5NEWSROOM.COM:
Mencerdaskan dan Mencerahkan Kehidupan Bangsa

Misi J5NEWSROOM.COM:

Menjadi media siber Indonesia yang memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang faktual, akurat, berimbang, dan mencerahkan.

Sering Sharing di Media

Sebagai mantan wartawan di banyak media besar, Dr Aqua Dwipayana sangat sering mendapat undangan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di berbagai media. Dengan senang hati pria yang hobi silaturahim itu memenuhinya. Bahkan memprioritaskannya.

Selain itu, setiap datang ke berbagai kota, sesibuk-sibuknya, Dr Aqua Dwipayana selalu menyempatkan komunikasi sama teman-temannya yang masih bekerja di media. Itu sekaligus mengenang masa lalunya yang menyenangkan.

Terakhir kelompok media terbesar di Provinsi Sumatera Barat, Padang Ekspres Group secara khusus mengundang Dr Aqua Dwipayana untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Graha Pena Padang Jalan Adinegoro No 17 Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (15/5/2023) siang ini.

Pada kegiatan kali ini, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Pusat tersebut menyampaikan materi dengan tajuk "Memperkuat Sinergitas dan Kolaborasi Padang Ekpres Group untuk Memenangkan Persaingan di Tahun Politik".

Diundangnya Dr Aqua Dwipayana yang pernah terjun sebagai wartawan di beberapa media nasional sebelum memilih untuk memotivasi jutaan orang serta berkeliling Nusantara dan mancanegara untuk bersilaturahim, diharapkan dapat memompa spirit semua unsur di Padang Ekpres Group agar menunjukkan kinerja terbaik mereka.

Kehadiran pria dengan segudang aktivitas dan nyaris tanpa henti terus bersilaturahim menjumpai siapa saja di pelosok negeri, sejatinya sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Akan tetapi padatnya aktivitas pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu, membuat kegiatan tersebut baru bisa dijadwalkan pada Senin itu. "Insya Allah, semoga sesi berbagi ini akan bermanfaat bagi kita bersama," kata Dr Aqua Dwipayana.

Pada Senin (15/5/3023) siang begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Kabupaten Pariaman ---dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang naik pesawat Pelita Air IP 353-- Dr Aqua Dwipayana langsung ke kantor Padang Ekspres untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Jarak tempuhnya sekitar 10 menit.

Sebagai apresiasi, Dr Aqua Dwipayana memprioritaskan untuk memenuhi undangan tersebut. Bapak dua anak itu menilai acara Padang Ekspres Group sangat penting sehingga langsung menyanggupi saat diundang untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Dr Aqua Dwipayana menyambut positif undangan khusus tersebut. Ia menegaskan media memiliki posisi sangat penting dalam lingkungan sosial masyarakat. Terlebih dalam momentum politik yang sebentar lagi menjelang.

Seorang wartawan, dalam pandangan Dr Aqua Dwipayana, harus dapat membangun 'trust' atau kepercayaan dari narasumber. Hal itu hanya bisa dilakukan jika wartawan atau jurnalis terus melakukan upaya pengembangan diri dengan salah satunya memperluas jejaring.

"Berita eksklusif yang berbeda dari media lainnya ini lahir karena faktor kepercayaan (trust) dari narasumber kepada wartawan. Faktor trust ini didapat dari silaturahim yang tak kenal henti dan tanpa kepentingan apapun. Membangun hubungan baik itu abadi. Meski tidak dalam waktu wawancara, saya sering menyapa para narasumber, berkunjung ke rumah dan kantor mereka. Bahkan sampai saat ini saya terus menjalin silaturahim dengan teman-teman lama dulu," tutur Dr Aqua Dwipayana mengisahkan.

Dengan begitu, jejaring yang luas artinya juga bisa menjadi peluang baik dalam iklim dunia media yang kian kompetitif. Kendati begitu, silaturahim tetap harus didasari dengan rasa tanpa pamrih dan jauhi sikap transaksional. Sesuai pengalaman Dr Aqua Dwipayana, silaturahim harus didasari dengan komitmen, sikap peduli, rendah hati, dan utamanya saling mendoakan.

Kepulauan Riau dan Sumatera Utara

Pada minggu ketiga Juni 2023 ini agenda Dr Aqua Dwipaya fokus di Pulau Sumatera terutama di dua provinsi: Kepulauan Riau dan Sumatera Utara.

Mulai Senin sampai Jumat 12-16 Juni 2023 jadwalnya dari pagi sampai malam sudah penuh. Kegiatan utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi sedikitnya enam sesi serta silaturahim ke puluhan orang.

Senin pagi 12 Juni 2023 begitu mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Dr Aqua Dwipayana langsung beraktivitas. Hari itu ada dua acara Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Selain itu, di sela-sela memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, telah terjadwal silaturahim ke banyak orang. Mereka mulai dari pejabat TNI, Polri, hingga sipil baik yang bekerja di pemerintah maupun swasta. Jumlahnya belasan orang.

Selasa 13 Juni 2023 naik feri yang berangkat paling pagi pukul 07.30, Dr Aqua Dwipayana ke Tanjungpinang. Begitu tiba di sana sudah menunggu banyak temannya. Jadwalnya dari pagi sampai malam.

Rabu 14 Juni 2023 pagi naik feri yang pertama, Dr Aqua Dwipayana kembali ke Batam. Langsung ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk melanjutkan perjalanan ke Medan via Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara.

Editor: Dardani