24 Tahun Tak Ada Akses Jalan yang Layak, Warga Kampung Tua Tanjung Gundap Mengadu ke DPRD Batam
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 14-03-2023 | 17:08 WIB
AR-2023-305-DPRD-Batam.jpg
RDP Komisi III DPRD Batam dengan warga Kampung Tua Tanjung Undap. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Warga Kampung Tanjung Gundap sudah sangat lama merindukan akses jalan yang layak menuju kampung mereka. Bahkan, sudah puluhan kali mereka mengusulkan perbaikan jalan satu-satunya menunju kampung tua itu, namun tak ada respon dari Pemerintah Kota Batam.

Penantian panjang selama 24 tahun untuk akses jalan yang layak menuju Kampung Tua Tanjung Gundap itu pun terungkap saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Warga Kampung Tanjung Gundap di Komisi III DPRD Kota Batam, Selasa (14/3/2023).

Ketua Komisi III Joko Mulyono mengatakan, terkait aduan warga Tanjung Gundap, pihaknya mengundang BP Batam dan instansi lainnya, agar bisa memberikan solusi kepada masyarakat, hingga mendapatkan jalan yang layak.

"Kami mengundang BP Batam, dan mempertanyakan masalah ini, kenapa lahan di sana semua di PL-kan ke investor, di sana kan ada kampung, ada warga yang butuh akses jalan," ujar Joko Mulyono saat RDP.

Masih kata Joko, pihaknya akan terus mengupayakan dan mengawal permasalahan jalan warga ini, hingga mendapatkan solusi yang terbaik.

Menurutnya, di sisi lain, Kota Batam juga butuh investasi, namun kepentingan masyarakat luas juga tidak bisa terabaikan. terlebih masyarakat di sana sudah berdiam sejak puluhan tahun silam.

"Kita terus upayakan dan kawal, rencananya kita usulkan row 25 untuk akses jalan warga, ini dibutuhkan join survey, baik dari BP Batam, perusahaan yang sudah diberikan PL dan instansi terkait lainnya, sehingga tidak ada yang dirugikan nantinya," jelas Joko Mulyono.

Sementara perwakilan warga Tanjung Gundap mengatakan saat ini Pemko Batam sedang giat-giatnya membangun jalan yang besar. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan warga kampung tua Tanjung Gundap yang notabenenya sebagai warga tempatan.

"Masalah jalan ini sudah puluhan kali kami usulkan, baik ke tingkat kelurahan maupun kecamatan, bahkan di tingkat Musrenbang sudah berkali-kali kami sampaikan, dan Alhamdulillah sampai saat tidak ada realisasinya," kata warga.

Warga juga berharap, dengan digelarnya RDP ini, masyarakat kampung tua Tanjung Gundap bisa segera mendapatkan jalan yang layak. "Semoga ada solusi, kami bisa melawati jalan kampung kami dengan nyaman," pungkasnya.

Editor: Yudha