Atasi Banjir, Pemko Batam Benahi Sejumlah Drainase
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 15-02-2023 | 17:26 WIB
Amsakar-Nongsa11.jpg
Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY COM, Batam - Sejumlah ruas jalan di Kota Batam terendam banjir saat hujan deras. Hal itu tentu saja mengganggu aktivitas masyarakat.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengakui perlu adanya pembenahan drainase di sejumlah ruas jalan untuk mengatasi banjir.

"Kita akui, perlu ada perbaikan dan pembenahan di sejumlah titik ruas jalan. Namun, kerjasama semua pihak baik di perumahan ataupun di jalan-jalan besar agar bersama-sama menjaga lingkungan," ujar Amsakar Ahmad, di Gedung DPRD kota Batam, Rabu (15/2/2023).

Amsakar menjelaskan, selain diperlukan pembenahan, salah satu penyebab banjir disejumlah ruas jalan karena sedang dilakukan pelebaran jalan. Dengan demikian, akan berpengaruh atau terganggunya pada sistem drainase.

"Satu atau dua jam setelah hujan selesai, genangan air di jalan tersebut akan segara menyusut dan akan normal kembali. Pelebaran jalan yang saat ini masih berlangsung pengerjaannya, akan selaras dengan pembuatan drainase yang memadai, sehingga akan meminimalisir terjadinya banjir," jelas Amsakar.

Dalam waktu dekat, lanjut Amsakar, pihaknya akan merapatkan dengan Dinas terkait dalam hal ini Dinas Binamarga dan sumberdaya air bersama stekholder terkait. Hal ini guna mengantisipasi banjir disaat curah hujan tinggi.

"Nanti saya akan rapatkan dengan Pak Yumasnur, bersama stekholder lainnya. Dimana yang perlu dilakukan prioritas pembenahan," katanya.

Untuk itu, Amsakar juga meminta kepada semua masyarakat untuk sama berkolaborasi dan semangat kolektifitas untuk menjaga lingkungan. "Selain pemerintah yang akan melakukan pembenahan, kami juga minta masyarakat secara bersama menjaga lingkungan, dimulai dari tempat tinggal masing-masing," ujarnya.

Editor: Yudha