Harga Telur Ayam di Batam Berangsur Turun
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 08-02-2023 | 10:28 WIB
telur-turun.jpg
Salah satu toko penjual telur di Pasar Mitra Raya, Batam Center, Rabu (8/2/2023). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga telur ayam di sejumlah pasar yang ada di Kota Batam dalam beberapa waktu terakhir berangsur turun.

Penurunan harga telur ini bukan hanya terjadi di sejumlah pasar tradisional, melainkan di hampir seluruh toko-toko atau grosir yang awalnya seharga Rp 54-58 ribu per papan isi 30 butir, turun menjadi Rp 46-52 ribu per papan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, mengatakan harga telur ayam turun dari daerah asal Medan. Di mana penyebab turunnya, karena permintaan telur sudah mulai turun juga.

"Kan seperti saya bilang, harga telur pasti turun, apalagi usai cap go meh, " ujar Gustian, Rabu (8/2/2023).

Tak hanya harga telur, untuk stok telur di Batam juga dipastikan aman. Bahkan stok telur di Batam melimpah, jika dilihat dari kebutuhan masyarakat.

"Untuk stok telur sangat aman, stok banyak, jadi harga pun bisa murah," jelas Gustian.

Disinggung terkait penyamaan harga telur di 57 pasar tradisional di Batam, menurut Gustian masih menunggu kerja sama terkait harga cabai di daerah penghasil. Sebab, untuk pasar murah nanti, yang akan disamakan adalah harga cabai dan telur.

"Menunggu kerja sama di daerah penghasil cabai dulu. Jadi nanti bisa serentak, tak satu-satu," tambahnya.

Sementara di Pasar Mitra Raya, harga telur ayam dijual berkisar Rp 48-52 ribu per papan. Harga ini menurut para pedagang turun cukup jauh dibanding sebelumnya.

"Ya memang turun, turunnya juga bertahap. Sekarang sudah di bawah Rp 50 ribu," ujar Asep, salah seorang pedagang di Pasar Mitra Raya, Batam Center.

Editor: Gokli