KMP Bahtera Nusantara 03 Bakal Layani Penyebrangan Tanjunguban hingga Kalimantan Barat
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 04-02-2023 | 14:04 WIB
KMP-BN-03.jpg
KMP Bahtera Nusantara 03 di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - KMP Bahtera Nusantara 03 yang ditinjau langsung Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam, Provinsi Kepri, Sabtu (4/2/2023), akan mulai beroperasi dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, mengatakan, kunjungan peninjauan dari Menhub tersebut guna melihat kesiapan KMP Bahtera Nusantara 03 --yang rencananya beroperasi saat cuaca sudah membaik dan kondusif.

"Keberadaaan kapal ini kita hadirkan dalam frekuensi satu kali dalam satu minggu. Kita memastikan kebutuhan logistik masyarakat bisa terjamin," kata Puspadewi di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam.

Ia menjelaskan, KMP Bahtera Nusantara 03 ini akan diresmikan Presiden Jokowi pada Maret 2023 mendatang. Kapal ini memiliki kapasitas penumpang mencapai 386 orang, dan bisa menampung kendaraan 36 unit.

Ia menambahkan, pada desain kapal KMP Bahtera Nusantara 03 ini sama persis dengan KMP Bahtera Nusantara 01, sementara untuk harga sama dengan KMP Bahtera Nusantara 01.

"Kualitasnya bisa dibilang sama dengan Bahtera Nusantara 01," ujarnya.

Kapal ini nantinya akan melayani pelayaran dari Pelabuhan Tanjunguban (Bintan), Matak (Anambas), Serasan (Natuna) serta Sintete (Sambas, Kalimantan Barat) dan akan berlayar setiap 1 minggu sekali.

Editor: Gokli