Sengaja Dibakar, Apinya Malah Menyebar

Lahan Tempat 'Pembuangan' Limbah Kapal di Tanjunguncang Terbakar
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 30-11-2022 | 16:04 WIB
kebakaran-lahan112.jpg
Kebakaran lahan tempat pembuangan limbah kapal terbakar. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lahan kosong tempat pembuang limbah perusahaan di Jl. Ananda, Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam, terbakar, Rabu (30/11/2022) pukul 13.00 WIB.

Lahan seluas 1 hektar seketika menjadi pusat perhatian warga setempat. Sebab, lahan yang digunakan oleh warga untuk mencari besi dan tembaga itu dengan cepat membakar seluruh bahan-bahan bekas kapal yang dibuang perusahan.

"Di sini lahan kosong biasa kita cari tembaga dan besi. Pas kejadian memang sengaja dibakar (Rubber Airbag-red) biar bisa dapat tembaganya," kata Ani warga sekitar.

Dia mengaku perusahan galangan kapal banyak yang membuang rubber airbag dan ban bekas kapal di lokasi ini. Hal ini yang dimanfaatkan warga sekitar untuk mengais rupiah.

"Lahan ini sudah lama terbengkalai. Dulu tempat gudang scrap. Tapi lama kelamaan jadi tempat pembuangan sampah perusahan," ujar warga lainya.

Dari pantauan di lapangan, Kapolsek Batuaji Kompol Restia Octane Guchy tampak berada di lokasi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut. Namun hanya 1 unit mobil pemadam kebakaran yang berada di lokasi, sehingga asap hitam tebal masih menyelimuti kawasan Tanjunguncang.

"Motif belum diketahui. Kita masih berusaha untuk memadamkan api agar tidak menyebar ke lokasi perusahan," sebutnya.

Editor: Yudha