Kajari Batam Sematkan Pin Core Value 'BerAKHLAK' Kepada Jaksa dan Pegawai
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 07-09-2022 | 17:24 WIB
penyematan-pin1.jpg
Kajari Batam, Herlina Setyorini saat menyematkan Pin Core Values kepada Kasi Intel Kejari Batam, Riki Saputra, Rabu (7/9/2022). (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna mewujudkan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2022, segenap jajaran ASN dan Pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menerima pin core values "Berakhlak".

Acara penyematan pin core values dilaksanakan melalui apel upacara di halaman Kantor Kejari Batam, Rabu (7/9/2022).

Penyematan pin core values tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, Herlina Setyorini kepada Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Batam, Riki Saputra dan para pegawai.

"Penyematan pin ke para agen perubahan Kejari Batam, merupakan implementasi dari nilai-nilai dasar ASN sesuai UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara," kata Herlina.

Herlina menjelaskan, akronim dari Ber-AKHLAK sendiri adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal dan Adaptif serta Kolaboratif.

Melalui penyematan pin ini, kata Herlina, seluruh Jaksa maupun pegawai Kejari Batam harus mempedomani dan menjalankan nilai-nilai dari core values "Berakhlak" baik di lingkungan kantor maupun luar kantor.

"Teladani dan pedomani nilai-nilai Ber-AKHLAK dan impelementasikan nilai-nilai tersebut untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat," pesan Herlina.

Sementara itu Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel) Kejari Batam, Riki Saputra mengatakan bahwa core values “Berakhlak” merupakan employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai fondasi baru yang diluncurkan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

Riki, sapaan akrab Kasi Intel Kejari Batam menjelaskan, Ber-Akhlak memiliki pengertian Berorientasi pelayanan, yaitu komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Selanjutanya Akuntabel, yaitu bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan serta Kompeten, yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Kemudian, kata dia Harmonis, yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan serta Loyal, yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta

Adaptif, yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan dan Kolaboratif, yaitu membangun kerja sama yang sinergis.

Masih kata Riki, penyematan pin core values “Berakhlak” merupakan bagian dari upaya Kejari Batam meraih predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) tahun 2022.

"Ini adalah salah satu upaya Kejari Batam untuk meraih predikat wilayah bebas korupsi (WBK). Mudah-mudahan tahun ini Kejari Batam bisa memperoleh predikat WBK tahun 2022," harap Riki.

Riki menyebutkan, ASN sekarang bukan saatnya untuk dilayani, melainkan harus melayani masyarakat dengan baik. Ia pun berharap, pelayanan dan kehadiran Kejari Batam bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Ke depannya, kami semua (Jaksa) dan pegawai dalam melaksanakan tugas dan kewenangan harus selalu mempedomani Core Values ASN Ber-AKHLAK sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha