DLH Batam Janji Tegur Operator Truk Sampah Angkut Muatan Lebihi Kapasitas
Oleh : Aldy
Rabu | 07-09-2022 | 11:58 WIB
truk-sampah-BTM.jpg
Truk sampah mengangkut muatan melebihi kapasitas dan tak memakai penutup jaring saat melaju di jalan raya Kota Batam. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam memberikan respon positif terhadap keluhan masyarakat soal truk sampah yang mengangkut muatan melebihi kapasitas dan juga tak memakai jaring penutup.

Kepala DLH Batam, Herman Rozi, mengatakan, akan menegur dan menindak tegas operator truk sampah yang tidak menjalankan tugas sesuai SOP. Di mana, dalam SOP yang dimaksud, truk sampah tidak boleh mengangkut muatan melebihi kapasitas dan harus menggunakan jaring penutup.

Hal tersebut, kata Herman Rozi, agar sampah yang diangkut menggunakan truk tidak berserakan di jalan serta membahayakan para pengendara lainnya. "Kalau masyarakat tahu berapa nomor kepala kendaraan yang seperti itu, laporkan, kita akan tegur langsung Satgasnya," ujar Herman Rozi, melalui sambungan WhatsApp, Rabu (7/9/2022).

Herman menjelaskan, sesuai SOP, seharusnya kendaraan pembawa sampah harus memuat sesuai kapasitasnya, dan menjaga sampah tersebut tidak berceceran di jalanan. Disebutkannya, pihaknya sudah sering memberikan peringatan kepada operator dan Satgas di lapangan.

"Harusnya pakai jaring, karena semuanya sudah disiapkan jaringnya, mungkin mereka lupa, kalau boleh masyarakat yang melihat tandai nomor mobil tersebut, kita akan tindak tegas," kata Herman Rozi.

Mengenai truk sampah mengangkut muatan melebihi kapasitas itu, dikeluhkan Doni, salah satu warga Batam. Dia mengaku sering menjumpai truk sampah yang melintas di jalan raya dengan kapasitasnya melebihi muatan.

Tidak hanya itu, terkadang truk sampah tersebut melaju kencang tanpa memikirkan pengguna jalan lain. "Sampah plastik dan kertas, kadang berserakan di jalan, belum lagi ada di antar truk itu yang ngebut, kami yang pengendara sepeda motor ini merasa terganggu," ujar Doni.

Senada, Cak Sam, salah seorang pengendara mobil yang kerap menjumpai mobil truk sampah yang tanpa memakai penutup, menuturkan, tidak hanya mengotori jalan raya, truk yang tidak memakai penutup tersebut juga membahayakan pengendara mobil.

"Kaca mobil saya pernah kejatuhan sampah dari truk yang tidak pakai penutup, untungnya yang jatuh itu bukan benda keras. Semoga instansi terkait dari pemerintah, bisa memberikan teguran kepada operator, atau yang berwenang," pinta Cak Sam.

Editor: Gokli