Tokoh Masyarakat Dukung Penataan Kampung Tua Tanjung Gundap
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 07-09-2022 | 09:52 WIB
penataan_kampungtua-tanjung-gundap-01.jpg
Sejumlah tokoh masyarakat dan warga Tanjung Gundap mengatakan mendukung penuh penataan Kampung Tua Tanjung Gundap. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kampung Tua Tanjung Gundap, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, salah kampung tertua yang ada di Kota Batam. Namun, pembangunanya masih tertingal dari kampung tua lainya.

Puluhan tahun sudah, jalan setapak menuju kampung tua tersebut tak kunjung disentuh pembangunan, meski sudah berulan-ulang disuarakan warga setempat untuk pengaspalan jalan.

Meski demikian, warga dan tokoh masyarakat terus berpikir untuk melakukan pembenahan infrastruktur kampung mereka. Salah satunya, menyiapkan lahan untuk pembangunan sekolah dan fasilitas penunjang lainnya.

Ramli, tokoh masyarakat yang dituakan di Kampung Tua Tanjung Gundap, menyampaikan, masyarakat ingin mempercantik dan menanta ulang kampung tua yang sudah ditempati lebih dari 90 tahun.

Romli menegaskan, penataan yang ada di RT 01/RW 01 masih masuk dalam kawasan Kampung Tua Tanjung Gundap sesuai alokasi lahan dari pemerintah.

Petugas Kehutanan saat meninjau lokasi penataan Kampung Tua Tanjung Gundap. (Ist)

"Kami akan tata balik kampung kami ini, karena jumlah penduduk kami terus bertambah dan kami butuh fasilitas penunjang," ujar Ramli, yang diamini oleh tokoh masyarakat lainnya, Selasa (6/9/2022).

Hal senada juga disampaikan Slamet, tokoh masyarakat lainnya. Dia menilai penataan yang dilakukan untuk kemajuan Kampung Tua Tanjung Gundap.

Selain menyiapkan lahan pembanguan Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga menyiapkan untuk kantor kelurahan yang sebentar lagi akan dilakukan pemekaran oleh pemerintah.

Di samping itu, penataan juga sebagai antisipasi dan menghindari bencana alam yang kerap dirasakan oleh masyarakat yang menempati rumah panggung di tepi pantai.

"Setiap musim barat daya masyarakat kami menjadi korban bencana alam, tidak sedikit warga kami yang kehilangan rumahnya. Kami merencanakan akan memindahkan mereka ke daratan," kata Slamet.

Tokoh masyarajat lainya, Jafar dan Hasan, bersama warga juga mendukung penataan Kampung Tua Tanjungundap. Mereka juga berharap dapat dukungan dan support dari berbagai pihak untuk memajukan kampung tua yang ada di Batam.

Editor: Gokli