Demo Tolak Kenaikan BBM

Terima Audiensi Buruh, Cak Nur: Kami Segera Rekomendasikan Pengadaan Transportasi Buruh
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 06-09-2022 | 18:16 WIB
buruh-caknur1.jpg
Ketua DPRD Batam, Nuryanto alias Cak Nur menerima perwakilan buruh yang menggelar unjuk rasa menolak kenaikan BBM subsidi. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM subsidi di depan kantor Pertamina Batam Center dan Pemko Batam, ratusan buruh melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Kota Batam, Selasa (6/9/2022).

Ketua DPRD kota Batam Nuryanto yang menerima sejumlah perwakilan buruh di ruang serbaguna DPRD Batam, menyampaikan apresiasi kepada para peserta aksi yang menyampaikan aspirasinya dengan damai.

"Kita apresiasi apa yang disampaikan oleh teman-teman pekerja, aksi penolakan kenaikan BBM dari mereka bukan tanpa alasan, kita akan terima apa yang mereka sampaikan," ujar Nuryanto, saat usai melakukan pertemuan dengan buruh.

Ketua DPRD Batam yang akrab disapa Cak Nur ini melanjutkan, pihak buruh meminta kepada Pemko Batam agar ada solusi konkrit akibat kenaikan BBM tersebut.

"Mereka meminta kepada pemerintah pusat dan daerah, paska kenaikan BBM ini, tidak sekedar naik. Namun ada solusi, misalnya pengontrolan harga sembako. Biarpun mereka intinya menolak kenaikan BBM, terutama BBM bersubsidi," terang Cak Nur.

Politisi senior PDI Perjuangan ini menyebutkan, selain pengontrolan harga sembako, yang akan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, pihak buruh juga meminta Pemko Batam agar memberikan suatu himbauan kepada para pengusaha terkait transportasi.

"Pengadaan transportasi bagi buruh, itu juga akan kami buatkan rekomendasi kepada Pemko Batam, karena kami sifatnya pemberi rekomendasi, bukan eksekusi. Akan tetapi, apa yang disampaikan oleh teman-teman buruh, akan kami teruskan ke Pemko dan pemerintah pusat," katanya.

Cak Nur menambahkan, untuk permasalahan ini, pihaknya akan mendisposisikan ke komisi terkait, dan kemudian akan dibahas selanjutnya.

"Iya kita akan disposisi dulu, ini kan ada komisi lll dan lV, kita sesuaikan jadwal dari komisi itu dulu, kapannya nanti kita kabari," pungkas Cak Nur.

Diketahui, aksi ratusan buruh, dimulai dari pukul 7 pagi. Mereka melakukan longmarch dari Simpang Kabil menuju kantor Pertamina Batam Center, setelah isoma, para buruh melanjutkan aksinya di depan Kantor Walikota Batam dan terakhir penyampaian aspirasi di DPRD Kota Batam. Sekitar pukul 16.00 WIB, buruh membubarkan diri.

Editor: Yudha