Sapi di Batam Tinggal Stok Lokal

Hewan Kurban dari Lampung Diizinkan Masuk Batam, Assosiasi Pedagang Jemput Bola
Oleh : Aldy
Kamis | 09-06-2022 | 11:56 WIB
sapi-lokal.jpg
Kadang hewan kurban di Kawasan Majid Agung Batam Center. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasokan hewan kurban untuk Provinsi Kepri yang akan didatangkan dari sejumlah daerah di Lampung, belum masuk. Saat ini, hewan yang dijual sejumlah pedagang merupakan stok lokal atau hasil penggemukan di Batam.

Salah seorang pedagang hewan kurban di Kawasan Mesjid Agung Batam Center, Kakan, mengatakan, hewan kurban jenis sapi yang tersedia saat ini merupakan stok lokal, sebab pasokan dari Lampung belum juga masuk.

"Awal saya punya stok sapi sebanyak 150 ekor, tetapi sekarang tersisa 20 ekor. Semua hasil penggemukan di Batam karena yang dari luar daerah belum masuk," kata dia, Kamis (9/6/2022).

Untuk harga, kata Kakan, bervariasi tergantung ukuran dan jenisnya mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 50 juta per ekor. "Di sini ada ukura 350 Kg hingga 600 Kg dengan kualitas terbaik. Kalau mau pesan bisa langsung ke sini atau lewat telepon (08117750595) serta website [kadangberkah.id]," kata dia.

Dikatakan Kakan, informasi terakhir yang dia terima dari pihak Assosiasi Pedagang Hewan Ternak Kota Batam, pengiriman hewan kurban dari Lampung masih berproses. "Sepertinya tak ada masalah, tingga teknis pengirimannya saja," ujar dia.

Sementara itu, Penasehat Assosiasi Pedagang Hewan Ternak Kota Batam, Musofa, mengatakan, saat ini sudah berada di Lampung, untuk mengurus segala sesuatu terkait pengiriman hewan kurban ke Batam.

"Iya, benar saya di Lampung sekarang, lagi nunggu Tiam Dinas Ketahanan Pangan Batam mau ke Lampung juga," kata Musofa melalui telpone.

Musofa menambahkan, untuk pengiriman dari Lampung ke Batam, tidak lagi melalui Kuala Tungkal Jambi ke Batam, akan tetapi, dari Lampung langsung ke Batam. "Port to Port, Lampung langsung ke Batam," pungkas Musofa.

Editor: Gokli