PT PCI Elektronik Internasional Panbil Industrial Estate Dilalap Si Jago Merah, Ribuan Karyawan Diliburkan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 08-06-2022 | 13:57 WIB
gedung_pci-panbil-terbakar-01.jpg
PT PCI Elektronik Internasional di kawasan Panbil Industrial Estate Batam dilalap si jago merah, Selasa (7/6/2022) malam. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT PCI Elektronik Internasional yang berada di kawasan Panbil Industrial Estate Batam, yang dilalap si jago merah pada Selasa (7/6/2022) malam, hingga saat ini masih diselimuti asap.

Perusahaan yang bergerak di bidang elektronik ini dilanda kebakaran hebat di bagian store atau gudang penyimpanan material sekitar pukul 20.30 Wib. Akibatnya, aktivitas produksi dihentikan sementara waktu demi keamanan karyawan dan manajemen.

Pantauan di lapangan, Rabu (8/6/2022) siang, petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan api dengan peralatan pemadam. Lokasi perusahaan dijaga ketat oleh pihak kepolisian dan sekuriti agar tak ada pekerja atau warga yang mendekat.

"Takut ada ledakan atau hal-hal yang tak terduga," ujar sekuriti di depan lokasi perusahaan.

Dari kejauhan tampak puluhan karyawan berkumpul. Mereka mengaku harus kembali ke dalam perusahaan meskipun sudah diliburkan, karena barang-barang mereka masih di loket penyimpanan barang.

"Tas dan ponsel saya masih di dalam. Tapi belum diizinkan masuk. Katanya masih ada api," ujar Yuni, seorang pekerja.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH mengatakan atas peristiwa kebakaran yang terjadi di gedung PT PCI Elektronik ruang store zona 10 lantai 1 dan 2 tidak ada korban jiwa.

Untuk kerugian materiil saat ini belum dapat ditafsirkan, dan penyebab pasti peristiwa kebakaran masih dalam tahap proses penyelidikan oleh Sat Reskrim Polresta Barelang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari security perusahaan, ruang store zona 10 lantai 1 dan 2 merupakan tempat penyimpanan alat packing barang produksi berbahan kardus dan plastik

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Rudi Sakirty mengatakan, sekitar 2.862 karyawan PT PCI Elektronik harus diliburkan sementara waktu, pasca kebakaran.

"Tidak ada kendala, semua masih bisa diatasi. Tapi kapan kembali beroprasi kita belum tau," ujar Rudi melaui sambungan seluler.

Editor: Gokli