Kunjungi Suku Laut Pulau Bertam, Mensos Risma Beri Sejumah Bantuan
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 07-06-2022 | 17:37 WIB
Mensos-Risma-Bertam1.jpg
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi Pulau Bertam Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi dan memberikan bantuan kepada Suku Laut Bertam, Kota Batam. Dalam kunjungannya Mensos Risma ingin Pulau Bertam bisa maju seperti wilayah perkotaan.

Mensos Risma mengatakan, kawasan terluar dan terpencil yang berada di kawasan perbatasan seperti Pulau Bertam, memang menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian pihaknya.

Keinginan Mensos Risma agar daerah seperti Pulau Bertam ini dapat maju seperti wilayah di kota, karena daerah tersebut berhadapan langsung dengan Negara tetangga Singapura.

"Sebagai Mensos saya punya tanggung jawab untuk memberikan perhatian sampai wilayah terpencil terdepan terluar seperti ini," kata Mensos Risma, Selasa (7/6/2022).

Sejumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat Pulau Bertam, seperti mesin pengelolaan sampah plastik menjadi BBM, mesin untuk ayam bertelur, selain itu, untuk mendukung kemajuan pendidikan, pembangunan tower juga dilakukan.

"Desainnya kami bekerjasama dengan alumni ITB, jadi tidak hanya pemukiman saja yang kami perhatikan tapi semuanya," terang Mensos Risma

Alasan pembangunan tower, pihaknya ingin nantinya anak-anak sekolah dapat belajar secara online dengan lancar. Sebab, salah satu kendala selama ini karena keterbatasan guru yang mau ngajar ke pulau terpencil.

"Seperti ini sudah kita coba juga di daerah lainnya di Indonesia. Alhamdulillah berjalan lancar," ungkap Mensos.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyambut baik kedatangan Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini ke Batam. Khususnya mengunjungi masyarakat suku laut di Pulau Bertam, Pulau Lingka dan Pulau Gara.

Saat mendampingi Mensos Risma, mulai dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam hingga sampai ke Pulau Bertam, di kesempatan itu Rudi menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan Batam.

"Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pulau terluar di Batam," ucap Walikota Batam.

Rudi juga berpesan kepada masyarakat Pulau Bertam, bantuan yang diberikan Mensos Tri Rismaharini dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga dapat memajukan Pulau Bertam.

"Siapa tahu anak-anak kita disini nantinya bisa menjadi Menteri seperti ibu Risma," kata Rudi.

Menanggapi terkait sejumlah permintaan warga, seperti kapal pompong untuk anak-anak sekolah, Rudi menegaskan bahwa Pemko Batam melalui Disdik Kota Batam selama ini sudah melakukan subsidi untuk anak sekolah.

Subsidi ini menurutnya akan lebih efektif jika dibandingkan dengan pemerintah memberikan bantuan kapal pompong. Sebab biaya operasional dan BBM kapal pompong nantinya akan timbul masalah baru, sebab tidak akan ada yang menanggung biaya tersebut.

"Karena itu kita subsidi untuk anak-anak sekolah ini. Kalau masih ada pihak yang minta biaya-biaya lainnya segera laporkan kepada kami," ujar Muhammad Rudi.

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, yang ikut mendampingi Mensos Risma mengatakan, pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada Kemensos yang memberikan perhatian penuh kepada masyarakat di pulau-pulau terluar Bertam.

"Bantuan ini harus kita jaga serta penggunaannya harus konsisten dan tepat sasaran" kata Wagub Marlin.

Editor: Yudha