Antisipasi Banjir, Dinas BMSDA Kota Batam Normalisasi Drainase Induk Tanjunguncang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 06-06-2022 | 16:40 WIB
drainase-uncang1.jpg
Alat berat sedang mengeruk drainase induk di Tanjunguncang Kota Batam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam melakukan normalisasi drainase induk Perumahan Central Park Residance dan menuju Sumberindo di Tanjunguncang, Batuaji, Senin (6/6/2022).

Hal ini guna mengantisipasi banjir akibat hujan yang cukup intens akhir-akhir ini. Pasalnya warga sekitar lokasi drainase induk kerap menjadi korban banjir.

Normalisasi kali ini dilakukan pengerukan selebar 4 meter dan kedalaman bertambah 4 meter dengan menggunakan 1 unit alat Excavator Amphibi.

Pengawas dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Hendro mengatakan saat ini ada beberapa titik yang dikerjakan penangana banjir. Salah satunya ini di perumahan central park residance.

"Di sini kita melakukan normalisasi drainase induk. Perumahan Kodim Batuaji, Kavling Sambau, Cipta Asri semua pembuatan drainase baru," jelasnya.

Sementara, Ketua RT 01 Perumahan Central Park Residance, Surya Darma mengatakan saat hujan deras dan lama, rumah warga bisa terkena banjir.

"Air bisa masuk ke halaman rumah, jadi sebelum semakin parah kita antisipasi dahulu," ujarnya.

Surya menambahkan setiap tahun pihaknya meminta Dinas Bina Marga Sumber Daya Air melalui Kelurahan untuk melalukan normalisasi drainase induk.

Editor: Yudha