Cen Sui Lan Minta Kemendes Tambahkan Nilai Alokasi Dana Desa di Kepri
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 01-06-2022 | 16:37 WIB
CSL111.jpg
Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan meminta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) tambahkan nilai dana desa di Kepri.

Cen Sui Lan mengatakan bahwa permintaan tersebut disampaikannya pada saat rapat koordinasi antara Komisi V DPR RI dan Mendes PDTT di Ruang Rapat Komisi V Gedung DPR RI Senayan, Senin (30/5/2022) lalu.

Dalam Rapat Kerja dengan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar itu, Cen Sui Lan menjelaskan dan meminta pertimbangan agar dana desa untuk pemerintah desa di wilayah Kepri ditambah atau dinaikkan nilainya.

Hal ini disampaikannya karena untuk pembangunan desa di wilayah kepulauan seperti Kepri, tidak sama kondisinya pada desa di wilayah daratan.

"Desa di Dapil saya itu (Provinsi Kepri) diperlukan perlakukan dan perhatian khusus dan tidak boleh bantuan dana desa di Kepri disamakan dengan desa-desa di provinsi lain. Kalau provinsi lain, desa-desanya daratan. Itu yang kita sampai ke Mendes PDTT saat Raker kemarin," kata Cen Sui Lan, Selasa (31/5/2022).

Lanjut Cen Sui Lan, ia meminta pertimbangan dan solusi agar pemerintah desa yang ada di Kepri dilakukan pembangunan secara merata seperti desa di wilayah daratan, dengan artian bantuan dana desa harus berdasarkan proporsional.

"Dana desa yang selama ini Rp 1 miliar untuk desa-desa di Kepri, itu harus dinaikkan dan juga jika ada program pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan Kemendes PDTT diharapkan lebih memperkuat BUMDes-BUMDes yang ada di Kepri. Agar dananya efektif dan berdayaguna," tutupnya.

Editor: Yudha