50 Besar Desa Terbaik Indonesia, Menparekraf Kunjungi Kampung Tua Bakau Serip Kota Batam
Oleh : Paskalis Rianghepat
Selasa | 31-05-2022 | 17:13 WIB
Menpar1.jpg
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan Kunker ke Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Selasa (31/5/2022). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno melakukan Kujungan Kerja (Kunker) ke Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip di Nongsa, Kota Batam, Selasa (31/5/2022).

Kedatangan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno disambut Wali Kota Batam, Muhammad Rudi didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata di VIP Bandara Hang Nadim.

Kunjungan kerja Sandiaga ini untuk meninjau Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip di Nongsa yang berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Sebagaimana diketahui, Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, merupakan satu-satunya desa wisata di Provinsi Kepri yang berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2022 yang digelar oleh Kemenparekraf.

Rudi berharap masuknya Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip 50 besar ADWI 2022, destinasi wisata Kota Batam bangkit kembali. Sebagaimana diketahui pada tahun 2019 Batam penyumbang wisatawan mancanegara (wisman) terbesar sehingga menjadikan peringkat kedua setelah Bali.

"Semoga kembali lagi Bali nomor satu Batam nomor dua," ucapnya.

Ia menyampaikan Kota Batam telah menyiapkan destinasi wisata baru untuk menarik wisatawan, seperti Taman Rusa Sekupang dan Masjid Tanjak. "Di bandara ada Masjid Tanjak," terangnya.

Pengumuman ADWI 2022 disampaikan langsung oleh Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno lewat official YouTube Kemenparekraf, Rabu (27/4/2022).

Dalam sambutannya, rangkaian kegiatan ADWI 2022 sudah melakukan beragam tahap kurasi penilaian dewan juri terhadap tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website jadesta.

"Kurasi menjadi 500 desa wisata, 300 desa wisata, lalu 100 desa wisata, hingga menjadi 50 desa wisata terbaik di Indonesia," sebut Sandiaga.

Sandiaga mengucapkan selamat kepada 50 peserta ADWI 2022. Ia berharap pencapaian ini sebagai motivasi untuk mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit.

Editor: Yudha