Gunakan Virtual Account BNI, SMKN 3 Batam Terapkan Pembayaran SPP Non Tunai
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 12-04-2022 | 16:52 WIB
Refio-Kepsek-SMKN-3-BTM.jpg
Kepala SMKN 3 Batam, Refio. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - SMKN 3 Batam di Kecamatan Seibeduk, bakal menerapkan penggunaan virtual account dalam pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) semua murid di sekolah itu. Hal ini, guna menghindari terjadinya penyelewenangan serta menertibkan administrasi sekolah agar lebih transparan.

Kepala SMKN 3 Batam, Refio menyampaikan, pemberlakuaan virtual account lewat Bank Negara Indonesia (BNI) ini sudah berjalan sejak tahun lalu. Hanya saja, hingga saat ini masih ada sejumlah murid maupun orang tua yang melakukan pembayaran tunai.

"Virtual account ini akan kembali kita terapkan secara menyeluruh. Saya sudah kumpulkan para guru untuk segera mensosialisasikan kepada orang tua murid," jelas Refio, Selasa (12/4/2022).

Lanjutnya, SMKN 3 Batam juga akan mengeluarkan surat edaran kepada para orang tua murid agar program penggunaan virtual account ini bisa benar-benar berjalan dengan tertib. "Yang menjadi masalah banyak orang tua yang tidak paham pembayaran SPP melalui virtual account BNI. Banyak kasus, orang tua sudah membayar SPP melalui anaknya, tetapi uangnya ini tidak sampai. Makanya kita hindari hal-hal semacam itu," kata dia.

Refio menambahkan, pihak sekolah juga memberikan keringan kepada siswa/siswi yang kurang mampu.

"Ujian penilaian akhir semester (PAS), dan ujian kompetensi keahlian (UKK) sudah selesai bagi peserta didik XII. Meskipun mereka orang tua tidak membayar SPP peserta didik tetap mengikuti ujian. Tetapi orang tua cukup datang ke sekolah dan koordinasi ke wali kelas," jelas mantan Kepsek SMKN 8 Batam.

Editor: Gokli