Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati HAN 2024, OJK Kepri Gelar Edukasi Keuangan Pelajar SDN 009 Batam
Oleh : Aldy
Sabtu | 03-08-2024 | 15:24 WIB
eduksi-keungan.jpg Honda-Batam
OJK Kepri melaksanakan program 'OJK Goes to School' dalam bentuk kegiatan edukasi tentang Pengelolaan Keuangan Bagi Pelajar Tingkat SD/MI kepada lebih dari 300 siswa/siswi pelajar Kelas V dan VI SDN 009 Botania, Batam Kota. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam memperingati Hari Anak Nasional Tahun (HAN) 2024, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), terus meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat, terutama kelompok pelajar tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

Kegiatan ini merupakan salah satu Sasaran Prioritas Literasi Keuangan tahun 2024 serta menumbuhkan kesadaran menabung sejak usia dini.

Pada peringatan HAN 2024 kali ini, OJK Kepri melaksanakan program 'OJK Goes to School' dalam bentuk kegiatan edukasi tentang Pengelolaan Keuangan Bagi Pelajar Tingkat SD/MI kepada lebih dari 300 siswa/siswi pelajar Kelas V dan VI SDN 009 Botania, Batam Kota, yang diselenggarakan akhir pekan lalu.

Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS) Muhammad Lutfi, menekankan pentingnya literasi keuangan sejak usia dini seperti pelajar tingkat SD.

"Literasi Keuangan merupakan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga kelak dapat membuat keputusan keuangan yang bijak agar bisa mencapai tujuan atau impian yang diinginkan," kata Lutfi, dalam sambutannya, mewakili Kepala OJK Kepri Sinar Dananjaya, Kamis (2/8/2024).

Lebih lanjut, Lutfi menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah dan orang tua yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Harapannya melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaat besar para siswa/siswi dan menjadi langkah awal bagi anak-anak untuk menjadi generasi yang cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan.

Sementara itu, Kepala SDN 009 Botania Batam Kota, Mariani menyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim OJK Kepri serta menyambut baik kegiatan ini. "Harapannya para siswa/siswi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga bisa menambah pengetahuan dalam mengatur keuangan juga lebih bersemangat dalam menabung," kata Mariani.

Masih di tempat yang sama, Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS) Ermawati A M yang bertindak selaku narasumber, menyampaikan materi Pengenalan OJK, Lembaga Jasa Keuangan, produk keuangan untuk pelajar tingkat SD/MI, serta manfaat menabung atau berinvestasi.

Para siswa/siswi mengikuti dengan antusias kegiatan edukasi ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik terkait tugas dan fungsi OJK. "Misi dan visi OJK yakni, cara-cara mengatur keuangan hingga manfaat dari menabung," ucap Ermawati.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir bagi peserta yang aktif selama kegiatan edukasi berlangsung.

Editor: Gokli