Gorong-gorong di Jalan Hang Tuah Batam Amblas
Oleh : Putra Gema
Jumat | 07-01-2022 | 17:23 WIB
amblas-hang-tuah.jpg
Kondisi gorong-gorong di Jalan Hang Tuah, Batam, Jumat (7/1/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jalan protokol penghubung wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Bandara Hang Nadim Batam menuju kawasan Batam Centre terancam terputus akibat dari amblasnya gorong-gorong di Jalan Hang Tuah.

Pantauan di lokasi, gorong-gorong di Jalan Hang Tuah, tepatnya di seberang Perumahan Bandara Mas setiap harinya semakin amblas.

Dugaan sementara amblasnya gorong-gorong ini diakibatkan besarnya debit air yang dihasilkan dari Kawasan Botania I dan sekitarnya pada musim penghujan, beberapa bulan terakhir.

Hal ini dinilai dapat menjadi permasalahan yang fatal, mengingat jalam tersebut merupakan jalan protokol utama yang menghubungkan wilayah Batam Centre menuju wilayah KEK Nongsa.

Selain itu, jalan tersebut juga dilewati setiap pendatang yang tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju kawasan-kawasan strategis di wilayah Kota Batam.

"Sepengetahuan saya amblasnya sudah mulai sejak awal bulan Desember 2021 lalu. Awalnya tidak sampai begitu, tetapi karena tidak diperbaiki, jadinya sampai separah itu dan pasti akan putus jalannya gak lama lagi," kata Sunardi, salah satu warga yang ditemui tidak jauh dari lokasi, Jumat (7/1/2022).

Ia menganggap amblasnya gorong-gorong bawah tanah tersebut sangat membahayakan para pengguna jalan. Hal ini dikarenakan tidak adanya rambu peringatan sebelum melintasi kawasan itu.

"Saya harap sih pihak yang berwenang sesegera mungkin diperbaiki, karena kalau dibiarkan sampai lama, saya yakin pasti jalan ini terputus nantinya," tegasnya.

Editor: Gokli