Apresiasi Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Batam

Menteri BUMN Erick Thohir Kunjungi Maha Vihara Duta Maitreya Batam Center
Oleh : CR-8
Jum\'at | 07-01-2022 | 13:32 WIB
erick_thohir-vihara-duta-maytreya-batam-01.jpg
Foto bersama dalam kunjungan silaturahmi Menteri BUMN Erick Thohir di Maha Vihara Duta Maitreya Batam Center, Kamis (7/1/2022). (Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke Batam, tepatnya Maha Vihara Duta Maitreya Batam Center, Kamis (7/1/2022). Kunjungan silaturahmi Menteri BUMN ini mengusung tema 'Dunia Satu Keluarga'.

Dalam kunjungan silaturahmi ini, Erick menyampaikan apresiasi keberhasilan Kota Batam termasuk yang terbaik dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Di saat Indonesia sedang berduka dengan adanya pandemi, mari kita bersatu, tidak saling menyalahkan, tidak saling menonjolkan diri. Dengan kebersamaan kita bisa melewati ini semua," ucap Erick Thohir.

Selain menyampaikan masalah penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya Batam, Erick juga memaparkan tentang organisasi BUMN yang dipimpinnya.

BUMN tidak hanya berkonsentrasi dengan keahlian dan strategi, namun yang lebih utama adalah masalah akhlaq, baik pimpinan perusahaan BUMN maupun seluruh staf dan karyawannya. "Tidak hanya masalah keahlian dalam BUMN, yang terpenting itu adalah masalah akhlaq," ungkapnya.

Dari segi strategi, yang tadinya ada 108 BUMN ditransformasikan menjadi 48 BUMN. Dan dari 27 group menjadi 12 grup. "Inilah yang akan menjadi grup ketahanan ekonomi nasional," terang Erick Thohir.

Keberhasilan BUMN, yang menggabungkan perusahaan Bio Farma --yang sejak zaman Belanda sudah memproduksi vaksin, menjadi holding dengan perusahaan Kimia Farma yang telah berhasil dalam memproduksi obat-obatan jenis generic. Di mana obat tersebut termasuk obat yang murah dan terjangkau di seluruh lapisan masyarakat.

Selain Kimia Farma, perusahaan Indo Farma juga akan mendapatkan perhatian khusus karena perusahaan tersebut memproduksi obat-obatan dengan bahan baku herbal, di mana bahan bakunya sebagian besar adalah produk lokal.

"Kita sudah berhasil menggabungkan Bio Farma holding dengan Kimia Farma. Perusahaan obat-obatan yang bahan bakunya dari herbal juga akan kita berikan perhatian khusus seperti Indo Farma," terang Menteri BUMN.

Ketua panitia acara kunjungan Menteri BUMN, Lu Sudirman, menyampaikan, kunjungan Menteri Erick Thohir ke Vihara Duta Maitreya bukan kunjungan khusus, namun kunjungan silaturahmi.

Menteri Erick Thohir ingin melihat langsung kegiatan sosial yang selama ini telah diselenggarakan oleh pihak vihara, terutama masalah vaksin. Untuk diketahui, Vihara Duta Maitreya sudah lebih dari 30 kali melaksanakan vaksin untuk masyarakat, baik vaksin dewasa maupun vaksin anak-anak.

Selain vaksinasi, kegiatan lainnya, seperti pembagian sembako untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan juga rutin dilakukan di Vihara Duta Maitreya.

"Kunjungan Pak Menteri BUMN merupakan kunjungan silaturahmi. Pak Menteri ingin melihat langsung kegiatan sosial di vihara kita ini, dan kami sangat bersyukur beliau menyempatkan waktunya untuk berkunjung berinteraksi dengan kami di Vihara Duta Maitreya," pungkas Lu Sudirman.

Editor: Yudha