Masjid Raya Batam Center Direvitalisasi Tahun Ini, Bentuknya Berubah Hingga 80 Persen
Oleh : CR8
Senin | 03-01-2022 | 12:19 WIB
masjid-raya-btc1.jpg
Masjid Raya Batam Center. (Aldy Daeng/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rencana revitalisasi Masjid Raya Batam Center akan dimulai tahun ini, adapun bentuk atau model Mesjid Raya ini akan berubah 70 hingga 80 persen dari bentuk aslinya.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi saat ditemui di gedung Pemko Batam, Senin (3/1/2022).

Sebagaimana diketahui, Masjid Raya Batam Center adalah salah satu icon Kota Batam. Sebelum pandemi melanda banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung dan mengabadikan momen di masjid ini. Namun bila dilihat keadaannya sekarang, banyak sisi masjid yang terkesan tidak terawat apalagi dibagian halaman belakang ditumbuhi rumput liar serta lorong yang untuk pejalan kaki pun atapnya sudah pada rusak dan bocor.

"Kita akan bangun kembali Masjid Raya Batam Center ini, bentuknya akan berubah 70-80 persen, hanya nanti mekanisme pembangunannya akan disesuaikan sehingga pada saat pembangunan jemaah tetap bisa melakukan ibadah," ungkap Rudi.

Rudi melanjutkan, penambahan akan dilakukan pada beberapa sisi terutama untuk dikawasan belakang Mesjid, termasuk perubahan kubah Mesjid itu akan berubah total serta pembangunan basement untuk tempat mengambil Air Wudhu bagi jemaah. Setelah selesai dibangun Mesjid Agung Batam Center bisa menampung sekitar 2.000 jema'ah yang akan melakukan ibadah sekaligus.

Proyek pembangunan dengan sistem Multi Years ini diperkirakan menelan Dana sebesar Rp 210 Miliar. untuk tahun 2022 di anggarkan sebesar Rp 69 Miliar pada tahun 2023 dianggarkan sebesar Rp 82 Miliar kemudian tahun 2024 Rp 59 Miliar. Dalam waktu dekat akan dilelang.

"Hampir semua sisi nanti berubah, terutama kubah dan dibelakang Mesjid, untuk tempat wudhunya kita buat di basement, setelah selesai dibangun kapasitanya bisa menampung 2000an jema'ah, proyek ini segera akan kita lelang dan ini proyek Multi Years hingga tahun 2024," terang Walikota Batam.

Dalam kesempatan ini Walikota Batam berharap pembangunan revitalisasi Mesjid Agung Batam Center ini bisa berjalan lancar, sesuai rencana pembangunan yang sudah ditata sedemikian rupa, dan masyarakat khususnya Batam Center bisa segera menikmati beribadah di Mesjid Agung ini. Sehingga Batam nantinya mempunyai tiga Mesjid baru yang besar, salah satunya yang lagi progres yaitu Mesjid Tanjak yang di Bandara Hang Nadim.

"Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai progres dan gambar yang sudah dibuat, sehingga masyarakat bisa segera beribadah di Mesjid Agung ini," pungkas Rudi.

Editor: Yudha