Gelar Coffee Morning, Kapolresta Barelang Tekankan Pentingnya Sinergitas Polri dan Media
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 20-11-2021 | 12:21 WIB
kapolresta1.jpg
Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, Kapolreta Barelang Kombes Pol Yos Guntur dan Ketua SPS Kepri Marganas Nainggolan. (Roni Ginting/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polresta Barelang menggelar coffee morning bersama Ketua Asosiasi Insan Pers dan awak media, Sabtu (20/11/2021), di Aula Anindita Polresta Barelang.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur dalam sambutannya menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik. Menurutnya, peran polisi dan jurnalis memiliki kedudukan yang sama dan memiliki kode etik yang harus dijaga.

"Antara polisi dan jurnalis itu kerjanya hampir sama. Mengumpulkan informasi dan disajikan. Kalau kami menyajikan ke pengadilan dan kejaksaan. Kalau teman-teman jurnalis disajikan ke masyarakat. Informasi ini pun sangat bermanfaat bagi kami," ujarnya.

Yos menambahkan bahwa polisi tidak anti kritik, harus peduli dengan masyarakat dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah kerjanya. Tak dapat dipungkiri banyak informasi dari wartawan yang jadi masukan penting bagi jajarannya.

"Polisi dan jurnalis sangat penting dalam memberikan edukasi ke masyarakat guna menciptakan Kota Batam yang aman dan kodusif," ujarnya.

Ia juga berharap kepada pimpinan media di Batam agar memberikan space pemberitaan berupa himbauan kepada masyakarat agar selalu berhati-hati karena maraknya kasus anak jadi korban maupun pelaku kejahatan.

"Belakangan ini marak kasus kejahatan melibatkan anak di bawah umur. Diantaranya kasus curanmor hingga kasus TKI ilegal di Nongsa, pelakunya itu anak di bawah umur. Butuh kerjasama dengan media untuk memberikan imbauan kepada orang tua agar lebih memperhatikan perilaku anak," tuturnya.

Pada kesempatan itu, perwakilan asosiasi media, Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, Ketua SPS Kepri Marganas Nainggolan dan Ketua IJTI Kepri menyambut baik kegiatan tersebut untuk meningkatkan sinergitas antara Polri dan media.

"Kegiatan seperti ini sangat baik. Koordinasi dengan kepolisian harus terus terjaga untuk menciptakan Batam yang kondusif," kata Ketua PWI Kepri.

Editor: Yudha