Banyak Spot Foto, Kotaku Tanjungriau Jadi Destinasi Wisata Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 12-11-2021 | 09:56 WIB
kotaku-tanjungriau1.jpg
Destinasi Wisata Kotaku Tanjungriau. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kampung Tua Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata baru, setelah menjadi pilot project program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementerian PUPR.

Jembatan dan taman berada di atas laut, yang dibangun menggunakan anggaran APBN dan APBD, sangat diminati para pengunjung. Selain bisa menikmati indahnya pemandangan alam pantai dan rumah pelantaran yang berjejer rapi, warga yang berkunjung tanpa dikenakan biaya masuk.

Sepanjang jembatan pelantar ini juga menjadi spot foto yang menarik sehingga banyak warga yang mengabadikan momen baik bersama keluarga mereka. Suasananya juga cukup sejuk sehingga membuat pengunjung betah hingga larut malam berada di lokasi.

Di atas jembatan pelantar warga bebas berjalan ataupun bersantai bersama keluarga. Di ujung pelantar juga ada taman di atas laut yang menjadi spot foto terbaik.

Dinda, seorang pengunjung meapresiasi banyaknya proyek yanng dibangun Pemeritnah Kota (Pemko) Batam, salah satunya Kotaku Tanjubgriau.

Dia berharap agar pelantaran di atas laut ini dijaga dan dirawat dengan baik kedepannya sehingga tetap menjadi destinasi wisata di kota Batam 5 sampai 10 tahun kedepan.

"Biasanya gedung atau tempat yang dibangun pemerintah tidak dirawat atau dikelola dengan baik, seperti terbengkalai. Jembatan pelantar ini harus betul-betul dijaga dan dirawat dengan baik," ujar Dinda.

Deby, warga kampung tua Tanjungriau mengaku bangga dengan kondisi Tanjubgriau saat ini. Mulai gerbang utama masuk ke dalam kampung terlihat lebih bagus dengan hiasan dan jalan yang sudah lebar.

"Dampak ekonomi juga mulai kami rasakan. Ada pemasukan lah buat warga di sini, dari hasil jualan di sekitar lokasi pelantar," ujarnya.

Editor: Yudha