Dana Aspirasi Cen Sui Lan Sebesar Rp 26 Miliar Dialokasikan untuk Program Padat Karya di Kepri
Oleh : Asyari
Kamis | 14-10-2021 | 17:28 WIB
dpr_cen-sui-lan-yes-02.jpg
Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan bersama pekerja padat karya di Batam, Rabu (13/10/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dana Aspirasi Cen Sui Lan, selaku anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, sebesar Rp 26 miliar pada tahun anggaran 2021 ini yang bersumber dari APBN dialokasikan dan direalisasikan melalui program padat karya untuk pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Adapun program padat karya tersebut dilaksanakan pada Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau, serta Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk Dapil Kepri.

Dana Aspirasi ini sebagai perjuangan dan bagian dari tanggung jawab dirinya sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Kepri, terhadap semua lini kehidupan yang terdampak Covid-19.

"Ini kan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Cen Sui Lan, saat meninjau 2 lokasi kegiatan padat karya peningkatan Jalan Nasional ke Jalan Hang Tuah, Nongsa, serta Jalan Nasional Sei Harapan menuju Tanjunguncang, Kota Batam, Rabu (13/10/2021).

Beberapa kegiatan program padat karya tersebut terdapat pada Jalan Nasional menuju Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam, dilakukann revitalisasi drainase sepanjang 6 Kilometer, yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 3 miliar, dan (Jalan Nasional) Jalan Sei Harapan menuju Tanjunguncang, berupa penanganan perbaikan lereng sepanjang 2 Kilometer dengan menghabiskan anggaran Rp 2,5 miliar.

Sedangkan untuk dua titik kegiatan tersebut, dapat memberikan dan menyerap tenaga kerja bagi ppekerjaan kepada 78 orang tenaga kerja yang berasal dari tenaga kerja yang terdampak Covid-19.

"Inilah tujuan dari program padat karya ini diluncurkan dan diaspirasikan, agar bisa membantu masyarakat kita yang terdampak Covid-19," jelas Cen Sui Lan, yang saat itu menjalani masa reses di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Peninjauan dua lokasi peningkatan jalan nasional tersebut merupakan bagian dari kegiatan reses, sekaligus meninjau dan melakukan pengawasan kepada mitra kerja Komisi V di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri.

Setelah meninjau pelaksanaan kegiatan padat karya di Jalan Nasional pada Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam, Cen Sui Lan juga membagikan paket bahan pokok berupa beras kepada seluruh pekerja program padat karya tersebut.

"Alhamdulillah, mereka sangat berterimakasih dengan program padat karya ini, dan mendapatkan paket beras tersebut," ucap Cen Sui Lan.

Dalam kesempatan tersebut, Cen Sui Lan juga melakukan diskusi dan memberikan pengarahan kepada pelaksana kegiatan program padat karya Jalan Nasional di Jalan Hang Tuah, Nongsa Batam.

Hadir pada saat itu, Faisal selaku Kepala BPJN Kepri, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR dan Hendra sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program padat karya revitalisasi drainase dan penanganan lereng jalan serta turut hadir Zulkarnain sebagai Kepala Satuan Kerja (Kasatker) pelaksanaan Jalan Nasional di Kepulauan Riau.

Selain kegiatan pada jalan nasional, aspirasi Cen Sui Lan yang berbentuk program padat karya juga ditujukan pada Program Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) se-Kepri.

Ada 25 desa atau titik kegiatan PISEW yang direalisasikan pada tahun 2021 ini. Masing-masing dialokasikan dana Rp 600 juta. Pekerjaan dilaksanakan dengan sistem pemberdayaan masyarakat atau padat karya.

Begitu juga dengan program 'KOTAKU' untuk di wilayah Kota Batam, untuk program ini dialokasikan untuk sembilan kelurahan, masing-masing Rp 1 miliar. Selain itu, beberapa kegiatan program padat karya juga direalisasikan melalui KSOP Tanjungpinang, KSOP Khusus Batam. Termasuk peningkatan Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun, Bandara Dabo Singkep sampai dengan UPP Tarempa.

Editor: Gokli