Periode 2021-2024

Presiden Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Kepri
Oleh : Hadli
Kamis | 23-09-2021 | 09:11 WIB
pembagian-sertifikat-tanah1.jpg
Vicon Penyerahan Sertifikat tanah bersama Presiden RI di ruang VVIP Bandara Hang Nadim Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria 2021. Kepri mengikuti kegiatan tersebut melalui Vicon di VVIP Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (22/9/2021) pukul 13.00 Wib.

Dengan penyerahan sertifikat lahan ini, Jokowi berharap, ke depannya tidak terjadi lagi konflik agraria di wilayah Indonesia dan masyarakat kecil mempunyai kepastian hukum atas kepemilikan tanah.

Maka, kata Jokowi, penyerahan sertifikat tanah ini merupakan bentuk kepedulian Negara terhadap Rakyatnya.

Sertifikat tanah yang dibagikan merupakan tanah baru untuk masyarakat yang berasal dari tanah terlantar dan pelepasan tanah hutan.

Dan komitmen Negara, tambah Jokowi akan mengurai konflik agraria dengan cara memberikan kepastian Hukum bagi masyarakat, Negara berkomitmen akan memberantas mafia tanah.

Kanwil BPN Provinsi Kepri Askani mengatakan, Kepri akan membagikan 10 ribu bidang tanah dan sertifikat tanah dengan mentargetkan tahun ini sampai dengan tahun 2024.

"Tanah yang belum bersertifikat akan disertifikat sesuai instruksi dari pusat," kata dia.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, Pemprov Kepri berterimakasih kepada Presiden RI dan Kementrian Argraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang hari ini menyerahkan lahan ke masyarkat dalam bentuk sertifikat.

"Akan dilakukan peninjauan ulang untuk penerbitan sertifikat masyarakat pesisir bagi nelayan. Di Provinsi Kepri akan di laksanakan tahun ini sampai tahun 2024," ujarnya.

Penyerahan sertifikat lanah juga dilakukan Ansar kepada 20 orang perwakilan masyarakat Kabupaten Bintan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kepri Irjen. Pol Aris Budiman, Kasgogab Wilhan I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, Kabinda Prov. Kepri Brigjen Pol R.C Gumay S, Kazona Bakamla Prov. Kepri Laksamana Hadi Pranoto, Danrem 033 /Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksama Pertama Indarto Budiarto, Wakil Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina.

Editor: Yudha