Wisata Panen Ubi Sambil Sholawatan di Kebun Bukit Aladin Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 15-09-2021 | 15:20 WIB
aA-BERKEBUN-NONGSA-BATAM.jpg
Ibu-ibu pengajian Kota Batam sedang panen sayur di Kebun Bukit Aladin Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di tengah pandemi yang memaksa sejumlah kawasan wisata tutup, tak menghilangkan semangat para ibu kelompok pengajian di Batam untuk mencari wisata alternatif.

Buktinya, para ibu pengajian Kota Batam itu pun menggelar wisata sambil berkebun di Bukit Aladin Nongsa Batam, Sabtu-Minggu (11-12/9/2021).

Tentu saja, mereka tidak melulu hanya berkebun atau memanen ubi dan bakar jagung saja. Tapi juga tetap melantunkan puja pujian sholawat untuk Rosulullah Muhammad SAW.

"Kami sampai kebun jelang maghrib, langsung kami sholat maghrib berjamaah. Setelah itu, membaca Rotibul Haddad," ujar anggota kelompok pengajian yang juga pemilik kebun, Nanik kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/9/2021).

Wisata terbatas itu dilanjutkan dengan sholat Isya' dan membaca maulid Diba'. Membaca puja pujian kepada kekasih Allah SWT di tengah kebun kota itu suasanya terasa beda.

Di dalam rombongan pengajian itu juga hadir Syarifah Iim Baharun, Syarifah Nanik dan Syarifah Umma Hanik.

"Terasa lebih tenang tiada suara bising kendaraan bermotor. Sehingga bisa lebih khusyu'," tambah Nanik.

Lalu, para ibu pengajian itu pun mulai membakar jagung untuk mengisi malam Batam yang cerah. Terasa suasana kekeluargaan dan keakraban semakin terbangun di antara mereka.

Kemudian, Minggu pagi sebelum mendirikan sholat subuh, mereka pun membaca Maulid Azab. Sungguh, suasana pagi itu terasa syahdu.

"Saat matahari mulai terbit, kami pun panen singkong, daun ubi, cabe dan daun singkong. Itu semua untuk oleh-oleh ibu-ibu," kata Nanik mengakhiri.

Editor: Dardani