Cen Sui Lan Bakal Perjuangkan Pembangunan Rusunawa Politeknik Negeri Batam
Oleh : Putra Gema
Senin | 13-09-2021 | 19:04 WIB
Cen-Nyimak-Uuf.jpg
Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan saat mendengarkan presentasi Direktur Politeknik Negeri Batam, Dr Uuf Brajawigda pada Kundapil yang berlangsung Jumat (12/9/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan akan membantu dan memperjuangkan pembangunan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) untuk Politeknik Negeri Batam.

Pernyataan itu disampaikan Cen Sui Lan pada saat kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) di Politeknik Negeri Batam pada Jumat (10/9/2021) lalu.

Dalam kegiatan Kundapil di Kota Batam, Provinsi Kepri ini, Cen Sui Lan disambut langsung Direktur Politeknik Batam, dan civitas akademika Politeknik Batam, Dr Uuf Brajawigda.

Dalam pertemuan tersebut, Cen Sui Lan sangat mengapreasi tentang kebijakan tentang afirmasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam dengan menggunakan jalur khusus tanpa tes.

"Jika mengikuti standar biasa dengan sistem komputerisasi, akan banyak mahasiswa baru yang gagal masuk ke Politeknik Batam. Maka, kebijakan afirmasi diambil dan perlakukan khusus ini sangat positif, sehingga mereka bisa mengikuti pendidikan di Politeknik Batam bagi putra-putri Kepri yang berasal dari pulau-pulau se-Kepri," ungkapnya.

Menurut Cen Sui Lan, kebijakan afirmasi tentang penerimaan jalur khusus bagi putra-putri se-Kepri yang berasal dari pulau-pulau itu, memerlukan akomodasi berupa asrama mahasiswa, atau rusun mahasiswa. Rusunawa ini dibutuhkan untuk tempat tinggal mereka. Tahun 2021 ini, Politeknik Batam meloloskan 24 orang mahasiswa dari pulau-pulau.

Berdasarkan persentasi Uuf sebagai Direktur Politeknik Batam, Cen Sui Lan menegaskan, untuk tahun anggaran 2022, dirinya akan memasukan program pembangunan Rusunawa Politeknik Negeri Batam.

Menurutnya, semua pihak harus mendukung kepentingan dunia pendidikan. Khususnya di Provinsi Kepri ini. Karena, ini merupakan sarana dan prasarana pendidikan.

"Biar para anak-anak kita mahasiswa ini fokus belajar dan tidak memikirkan tempat tinggal lagi. Khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari pulau-pulau se-Kepri. Kita sangat konsen akan hal ini," kata Cen Sui Lan, Senin (13/9/2021).

Dalam Kundapil ke Batam ini, Cen Sui Lan membawa tim staf ahli dan tenaga ahli DPR untuk memproses perencanaan program Rusunawa Politeknik Negeri Batam.

"Sekarang ini, kapasitas mahasiswa Politeknik Negeri Batam sebanyak 7.500 orang. Justru itu, perlu dibangun rusunawa untuk menampung sebagian dari 7.500 mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa yang memerlukan tempat tinggal dari daerah pulau di Kepri," tegasnya.

Hadir dalam Kundapil di Politeknik Batam itu tenaga dan staf ahli dari Jakarta Aher Budintara, Ricky Megantara, Daten Barus, Sondy Rahayu. Selain itu turut hadir tenaga dan staf ahli di daerah Victor Angsono, Agustar, Teddy Martus, Herdiyanto dan dr Hendry.

Editor: Gokli