Kementerian PUPR Bagun Rusun STT Real Batam di Nongsa dari Dana Aspirasi Cen Sui Lan
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 10-09-2021 | 18:28 WIB
rusun-STT-Real.jpg
Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan bersama Kementerian PUPR, dan Ketua STT Real Batam, Irwan Wijaya, di lokasi Rusun STT Real Batam, Jumat (10/9/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membagun rumah susun (Rusun) mahasiswa STT Real di Kota Batam, dari dana aspirasi anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan, merupakan Politisi Partai Golkar, yang berhasil meraih kursi di DPR RI dari Dapil Kepri pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

Dibangun di lahan seluas satu hektar di daerah Nongsa, Kota Batam, nantinya bakal mampu menampung sebanyak 127 mahasiswa dengan fasilitas layaknya apartemen.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III, Zubaidi mengatakan, pembangunan Rusun yang terletak di kawasan Nongsa ini merupakan kebijakan Kementrian PUPR yang berkolaborasi dengan DPR RI. "Dalam kondisi ini, Kementrian PUPR terus bergerak untuk pembangunan infrastruktur agar ekonomi Indonesia dapat berjalan dengan baik," kata Zubaidi, saat peninjauan proyek Rusun STT Real Batam, Jumat (10/9/2021).

Dijelaskannya, pembangunan Rusun yang memakan biaya sebesar Rp 16.868.948.000 ini dapat berlangsung dengan anggaran yang berasal dari APBN. Nantinya Rusun ini akan dilengkapi fasilitas-fasilitas layaknya apartemen.

"Rusun ini akan dibangun dengan masa kerja selama 210 hari. Melalui kerja sama kami dengan ibu Cen Sui Lan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami, karena hunian mahasiswa yang baik kelak juga akan meningkatkan kualitas mahasiswa menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan mengaku bahagia karena aspirasi yang telah diperjuangkannya telah berhasil terlaksana. "Diharapkan Rusun ini dapat bermanfaat kepada mahasiswa-mahasiswa STT Real dalam meningkatkan kualitas," kata Cen Sui Lan.

Ia melalui Komisi V DPR RI juga terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Kepri agar perekonomian dapat kembali pulih dan merata. "Untuk Rusun sendiri juga sedang berjalan untuk tahun pelaksanaan di 2022. Rusun yang akan dibangun ini diperuntukan untuk mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Semoga dengan gesaan peningkatan ingrastruktur ini, pendidikan di Kepri dapat menciptakan mahasiswa-mahasiswa unggulan yang nantinya dapat membantu mengembangkan Kepri lebih baik kedepan," ungkapnya.

Selain itu, Ketua STT Real Batam, Irwan Wijaya mengaku sangat bahagia dan mengucapkan terimakasih kepada anggota Komisi V DPR RI Cen Sui Lan.

Diungkapkannya, hal tersebut dikarenakan aspirasi yang telah disampaikannya sejak akhir tahun 2020 lalu didengar dan diperoses secara cepat. "Kami sebenarnya juga tidak menyangka. Maka dari itu kami ucapkan terima kasih kepada ibu Cen Sui Lan dan Kementrian PUPR yang telah mengedepankan aspirasi kami," tutupnya.

Editor: Gokli