Kebakaran Ruli Baloi Mas, Dinsos Berlakukan Tanggap Darurat 7 Hari ke Depan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 10-09-2021 | 14:57 WIB
A-TANGGAP-DARURAT-DINSOS.jpg
Tenda tanggap darurat yang digelar Dinsos Kota Batam selama 7 hari ke depan di lokasi kebakaran Ruli Baloi Mas Batam. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam berlakukan tanggap darurat selama 7 hari ke depan di lokasi kebakaran Ruli Baloi Mas Batam.

Sebagaimana diketahui, Ruli Baloi Mas RT 04/RW 09 mengalami kebakaran hebat pada, Rabu (8/9/2021) lalu. Akibatnya sebanyak 20 rumah yang rata-rata merupakan kos-kosan hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, akan tetapi sebanyak 65 Kepala Keluarga (KK) dengan total keseluruhan sebanyak 140 orang, kehilangan tempat tinggal dan barang-barang berharga.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinsos-PM Batam, Leo Putra mengatakan, pihaknya melakukan langkah tanggap darurat selama tujuh hari. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kota Batam sudah mendirikan infrastruktur darurat untuk penanganan warga yang menjadi korban.

"Tenda darurat sudah didirikan untuk menampung korban, termasuk penyediaan dapur umum untuk pemenuhan kebutuhan logistik," kata Leo, Jumat (10/9/2021).

Tidak hanya itu, ia menjelaskan bahwa hingga 7 hari kedepan pihaknya juga akan memberikan suplai logistik kepada warga terdampak berupa makanan sebanyak 3 kali sehari.

"Namun hal itu tergantung kondisi tempat pengungsian, karena sebagian korban ada yang mengungsi ke rumah saudara," ujarnya.

Selain prosedur tanggap darurat, Leo menambahkan bahwa pihak Pemerintah Kota Batam juga menyiagakan ambulans di lokasi kejadian.

Selain itu, petugas dari kecamatan setempat juga dilibatkan untuk mendata korban yang kehilangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Untuk proses administrasi akibat bencana kebakaran.

"Pihak TNI-Polri juga turut ikut berpartisipasi, ada juga partisipan yang ikut serta membantu para korban," tutupnya.

Editor: Dardani