Puluhan Ruli di Kawasan Perumahan Baloi Mas Indah Hangus Terbakar
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 09-09-2021 | 14:48 WIB
A-KEBAKARNA-BALOI-BATAM.jpg
Puing-puing rumah liar di Baloi Batam yang hangus terbakar. (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan rumah liar (ruli) yang terletak di dekat kawasan perumahan Baloi Mas Indah, Kelurahan Baloi Indah, Kecamatan Lubuk Baja Batam ludes terbakar.

Ketua RT 04, RW 09, Hendri mengatakan, kejadian tersebut terjadi Rabu (8/9/2021) sekira pukul 18.30 WIB lalu. Api berhasil dipadamkan pada pukul 20.00 WIB. Dijelaskannya, belum diketahui secara pasti penyebab puluhan rumah terbakar.

"Tidak benar kalau penyebab kebakaran dari ledakan tabung gas, karena tidak ada suara ledakan pada awalnya. Tapi dugaan sementara listrik konslet dari rumah F17," kata Hendri, Kamis (9/9/2021).

Dituturkannya, dalam insiden tersebut sebanyak 21 rumah liar hangus terbakar. Ke-21 rumah tersebut ditempati 65 kepala keluarga (KK) dengan total keseluruhan sebanyak 140 orang.

"Dua puluh satu ruli ini rata-rata dijadikan kos. Satu rumah bisa banyak kamar. Yang kasihan itu mereka semua tidak ada yang bisa selamatkan barang-barangnya, termasuk barang berharga dan surat-surat penting lainnya," ujarnya.

Tidak berhenti di situ, berbagai bantuan juga telah berdatangan dari berbagai instansi dan pihak swasta, seperti Bright PLN Batam, Polsek Lubuk Baja, Kecatam Lubuk Baja dan Binda Kepri.

"Bantuan yang sudah disalurkan berupa sembako, pakaian dan makanan. Yang kami perlukan itu pempes untuk bayi, karena ada sekitar 10 bayi yang rumah orang tuanya turut terbakar," tutupnya.

Editor: Dardani