BMKG Prediksi Hari Ini Hingga Besok Kota Batam Diguyur Hujan
Oleh : Paskalis Rianghepat
Senin | 23-08-2021 | 12:52 WIB
BMKG111.jpg
Prakiraan cuaca Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan itensitas hujan yang melanda wilayah Provinsi Kepulauan Riau, khsususnya Kota Batam masih akan terus berlangsung hingga esok hari, Selasa (24/8/2021).

Perkiraan Cuaca ini disampaikan Forecaster BMKG Batam, Made Rony, melalui keterangan tertulis, Senin (23/8/202).

Rony menjelaskan, itensitas hujan ringan hingga lebat disertai petir yang melanda wilayah Kepri disebabkan adanya badai tropis Omais di wilayah Cina menimbulkan penumpukan massa udara basah sehingga memicu pembentukan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

"Secara umum, kondisi cuaca di Kepulauan Riau untuk hari ini dan esok hari diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi, siang dan dini hari," kata Rony.

Dengan adanya kondisi seperti itu, kata dia, masyarakat di imbau agar selalu waspada dengan potensi angin kencang di wilayah Kepulauan Riau yang dapat menyebabkan tingginya gelombang laut.

Masih kata Rony, akibat cuaca yang tidak menentu, potensi gelombang laut di wilayah Utara Perairan Natuna mencapai ketinggian 2,0 meter.

"Untuk masyarakat Kepri yang hendak bepergian mengunakan transportasi laut agar selalu berhati-hati. Sebab ketinggian ombak di wilayah itu mencapai 2,0 meter," ujarnya.

Ia pun menghimbau kepada pihak pengelola tranpsportasi laut agar selalu menyediakan alat bantu atau life jacket untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Khusus bagi pengelola dan masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu waspada terhadap kondisi ini," pungkasnya.

Editor: Yudha